UMM Institutional Repository

ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PENERAPAN PARKIR BERLANGGANAN MENURUT PERATURAN DAERAH KABUPATEN SIDOARJO NOMOR 1 TAHUN 2006 TENTANG RETRIBUSI PARKIR Jo PERATURAN BUPATI NOMOR 46 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PARKIR ( Studi di Wilayah Kabupaten Sidoarjo )

Baihaqi, Muhammad Hasymi (2012) ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PENERAPAN PARKIR BERLANGGANAN MENURUT PERATURAN DAERAH KABUPATEN SIDOARJO NOMOR 1 TAHUN 2006 TENTANG RETRIBUSI PARKIR Jo PERATURAN BUPATI NOMOR 46 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PARKIR ( Studi di Wilayah Kabupaten Sidoarjo ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--muhammadha-27813-1-pendahul-n.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--muhammadha-27813-2-babi.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : Cekli Setya Pratiwi, SH., LL.M. Sidik Sunaryo, SH., M.Si. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 1 tahun 2006 tentang Retribusi Parkir dan untuk mengetahui problematika yang dialami Dinas Perhubungan dalam pelaksanaan Peraturan Bupati Kabupaten Sidoarjo Nomor 46 tahun 2009 tentang Pelayanan Parkir dan Upaya apa yang dilakukan Dinas Perhubungan dalam mengatasinya. Objek penelitian dan permasalahan dalam penelitian ini meliputi 3 hal yaitu (1) Problematika apa saja yang terjadi dalam penerapan Parkir Berlangganan. (2) Upaya-upaya yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Khususnya Dinas Perhubungan dalam Penerapan Parkir Berlangganan. (3) Bagaimana Sanksi terhadap Problematika pemungutan liar yang dilakukan oleh petugas Parkir Berlangganan. Manfaat penelitian memberikan kontribusi pemikiran kepada masyarakat tentang penerapan parkir berlangganan. metode pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah metode pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data-data Primer dan Sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara interview, Observasi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan parkir berlangganan di Kabupaten Sidoarjo belum efektif, karena adanya berbagai problematika antara lain penyalahgunaan lokasi parkir berlangganan oleh PKL setempat untuk berdagang, pungutan liar yang dilakukan petugas parkir terhadap pengguna parkir berlangganan, serta lemahnya sanksi yang diterapkan Dinas Perhubungan terhadap petugas parkir berlangganan dalam peraturan daerah terkait parkir berlangganan. Upaya-upaya Dinas Perhubungan melakukan pengawasan di tiap titik lokasi parkir berlangganan, memberikan sanksi teguran,skorsing hingga pemecatan terhadap petugas parkir yang melakukan pungutan liar, serta membuat layanan P3M dan line telepon untuk pengaduan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 May 2016 04:02
Last Modified: 11 May 2016 04:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29614

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo