UMM Institutional Repository

STANDARISASI KANTOR ADVOKAT YANG MENJADI TEMPAT MAGANG BAGI CALON ADVOKAT (Studi di Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia Malang)

pelat, Untuk menjadi seorang advokat tentunya harus menjalankan (2012) STANDARISASI KANTOR ADVOKAT YANG MENJADI TEMPAT MAGANG BAGI CALON ADVOKAT (Studi di Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--dewianalis-27858-1-01penda-n.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--dewianalis-27858-2-02bab1.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Untuk menjadi seorang advokat tentunya harus menjalankan pelatihan-pelatihan serta ujian menjadi seorang advokat yang profesional, salah satunya dengan magang sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun terus menerus pada kantor advokat. Kantor advokat yang layak untuk ditempatkan sebagai tempat magang para calon advokat disini adalah kantor advokat yang mempunyai capability dan profesional, yang mampu mengajarkan, membagi pengalaman, memberikan kesempatan, serta memfasilitasi apa yang dibutuhkan peserta magang selaku calon advokat. Penulis mengangkat rumusan masalah: 1. Bagaimana penerapan standarisasi kantor advokat yang menjadi lokasi magang calon advokat oleh DPC PERADI Malang? 2. Apa akibat hukum bagi kantor advokat yang tidak melaksanakan standarisasi kantor advokat? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Yuridis Sosiologis, lokasi penelitian di DPC Peradi Malang dan beberapa kantor advokat yang menerima magang calon advokat. Teknik pengumpulan data bersumber dari hasil wawancara, yakni data primer, sedangkan literatur perundang-undangan yang berlaku, yakni Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, Kode Etik Advokat, Peraturan Perhimpunan Advokat Indonesia Nomor 1 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Magang untuk Calon Advokat, Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Perhimpunan Advokat Indonesia Nomor 1 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Magang untuk Calon Advokat, serta peraturan perundang-undangan lainnya dan buku-buku yang berhubungan dengan obyek atau permasalahan yang diangkat oleh penulis sebagai data sekunder. Kemudian data hasil penelitian dianalisa secara deskriptif analitis. Dari hasil penelitian, penerapan standarisasi advokat yang menjadi lokasi magang calon advokat belum sepenuhnya dilaksanakan oleh DPC Peradi Malang. Mengenai akibat hukum, hingga saat ini belum ada aturan yang mengatur tentang akibat hukum bagi kantor advokat yang tidak melaksanakan standarisasi tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 May 2016 03:49
Last Modified: 11 May 2016 03:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29604

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo