UMM Institutional Repository

TINDAKAN MAIN HAKIM SENDIRI (EIGENTRECHTING) TERHADAP SEORANG YANG DIDUGA MELAKUKAN KEJAHATAN DITINJAU DARI HAK ASASI MANUSIA SERTA PERTANGGUNG JAWABAN PIDANA BAGI PELAKUNYA (Studi Kasus Pencurian Di JL. Slagah, Wilayah Hukum Polres Pasuruan Kota)

AFRIANSYAH, ZAINUL (2012) TINDAKAN MAIN HAKIM SENDIRI (EIGENTRECHTING) TERHADAP SEORANG YANG DIDUGA MELAKUKAN KEJAHATAN DITINJAU DARI HAK ASASI MANUSIA SERTA PERTANGGUNG JAWABAN PIDANA BAGI PELAKUNYA (Studi Kasus Pencurian Di JL. Slagah, Wilayah Hukum Polres Pasuruan Kota). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--zainulafri-27990-1-pendahul-n.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--zainulafri-27990-2-babi.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : Cekli Setya Pratiwi SH., LL.M Emei Dwinanarhati Setiamandani SH., LL.M Studi ini bertujuan untuk mengetahui penegakan hukum pidana terhadap tindakan main hakim sendiri (eigentrechting) pada pelaku tindak pidana. Rumusan masalah yaitu: Tindakan eigentrechting ditinjau dari hak perlindungan hukum dan hak praduga tak bersalah?; Siapa saja yang dimintai pertanggungjawaban atas tindakan eigentrechting diwilayah hukum Polres Pasuruan Kota?; Apakah petugas kepolisian yang membiarkan tindakan eigentrechting diwilayah Polres Pasuruan Kota bisa dikatagorikan sebagai pelanggaran hak asasi manusia? Penelitian dilakukan di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota, menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Data dikumpulkan dengan cara studi pustaka/dokumen dan wawancara terhadap orang-orang yang terkait dengan permasalahan yang diteliti. Hasil studi menunjukkan bahwa para pelaku yang mengalami eigentrechting di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota karena melakukan pencurian; aparat penegak hukum telah melakukan penegakan hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku, tetapi hambatan muncul ketika aparat seolah membiarkan laporan masuk sehingga terlambat datang, massa yang emosi dengan sewenang-wenang melakukan cara-cara yang tidak dibenarkan. Aparat hendaknya melakukan pendekatan terhadap warga masyarakat atau organisasi masyarakat agar terjalin komunikasi yang baik dengan warga serta timbul kesadaran hukum sehingga warga dapat mematuhi aturan hukum yang berlaku dan dalam menyelesaikan masalah tidak dengan cara main hakim sendiri atau eigenrechting.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 May 2016 03:24
Last Modified: 11 May 2016 03:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29588

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo