UMM Institutional Repository

DAMPAK PEMBERITAAN MEDIA TERHADAP HUBUNGAN DIPLOMATIK ANTAR NEGARA (STUDI PADA KEBOCORAN KAWAT DIPLOMATIK AMERIKA SERIKAT OLEH WIKILEAKS)

ALIYAH, UMMI (2013) DAMPAK PEMBERITAAN MEDIA TERHADAP HUBUNGAN DIPLOMATIK ANTAR NEGARA (STUDI PADA KEBOCORAN KAWAT DIPLOMATIK AMERIKA SERIKAT OLEH WIKILEAKS). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ummialiyah-31236-2-babi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ummialiyah-31236-1-pendahul-a.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing I: Victory Pradhitama, M.Si Pembimbing II : Ruli Inayah Ramadhoan, M.Si. Hadirnya Wikileaks dalam tatanan hubungan internasional merupakan hal yang menarik untuk diamati. Sekelompok para pejuang kebebasan informasi yang tergabung dalam Wikileaks berusaha menciptakan tatanan dunia yang transparan. Wikileaks mengungkapkan berbagai informasi yang selama ini tidak diketahui publik dan telah memberikan catatan baru bagi sejarah politik dunia. Salah satu kebocoran Wikileaks diantaranya adalah pengungkapan perang Afghanistan, Irak, hingga pada pengungkapan kawat diplomatik Amerika Serikat. Permasalahannya kemudian adalah ketika media-media mulai marak memberitakan kebocoran Wikileaks. Media semakin gencar mempublikasikan informasi yang bersumber dari kebocoran Wikileaks tersebut. Hasilnya publisitas informasi semakin meningkat, informasi yang selama ini tidak diketahui hadir dipermukaan menampilkan realitas yang sebenarnya dan efeknya berimbas pada hubungan negara terkait. Dengan menggunakan pendekatan hubungan diplomatik dan komunikasi internasional perspektif propagandistik penulis ingin memaparkan bahwasannya dalam hubungan internasional saat ini, khususnya dalam hubungan antar negara tidak hanya dipengaruhi oleh aktor pada level negara saja namun juga faktor-faktor lain yang pada penulisan ini digambarkan oleh peran media melalui penyebaran informasi. Melalui penyebaran informasi, kemampuan media sebagai distributor informasi dalam mempengaruhi jalannya hubungan antar negara semakin meningkat. Hasil dari penelitian dengan unit analisa hubungan diplomatik antar negara dan pemberitaan media yang bersumber dari kebocoran Wikileaks sebagai unit eksplanasi adalah pasca publikasi kebocoran Wikileaks hubungan negara yang terkait dalam pemberitaan Wikileaks menjadi terganggu. Sejauh ini dampak dari reaksi yang timbul adalah sedikit banyak telah mengganggu dan mempersulit beberapa hubungan antar negara. Reaksi yang muncul antara satu negara yang satu dengan yang lainnya tidak dapat disamaratakan. Sehingga dampak yang timbul bervariasi. Ada yang bersifat low reaktif dan ada yang high reaktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 11 May 2016 03:23
Last Modified: 11 May 2016 03:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29587

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo