UMM Institutional Repository

Ekspresi Jurnalisme Pelajar (Analisis Isi Rubrik Koran Pelajar Pada Radar Tulungagung Edisi 1 Nopember - 31 Desember 2010)

Kurniawan, Yuda (2011) Ekspresi Jurnalisme Pelajar (Analisis Isi Rubrik Koran Pelajar Pada Radar Tulungagung Edisi 1 Nopember - 31 Desember 2010). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yudakurnia-22085-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yudakurnia-22085-BAB+I.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Pada perkembangan saat sekarang ini media cetak bukan menjadi pemeran utama dalam pencarian berita, informasi dan hiburan oleh masyarakat. Koran sebagai media cetak bergabung dengan teknologi televisi, radio dan internet dengan ini tiap orang tidak perlu repot ke luar rumah jika ingin mengetahui sesuatu yang terjadi di dunia. Media cetak juga melakukan trobosan untuk menarik simpati dari masyarakat dengan cara melibatkan masyarakat untuk melakukan mencari informasi, menuliskan berita untuk di publikasikan melalui media koran. Kegiatan melibatkan masyarakat untuk menuliskan suatu informasi juga diakukan oleh koran lokal seperti Radar Tulungagung, yang melibatkan pelajar SMP dan SMA. Pelajar melakukan kegiatan jurnalisme sesuai dengan kemampuan ilmu jurnalistik yang diperoleh untuk diterbitkan pada rubrik Koran Pelajar di koran Radar Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana ekspresi journalism pelajar yang dimuat pada rubrik Koran Pelajar edisi 1 Nopember-31 Desember 2010. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui ekpresi pelejar ikut serta dalam journalism dan mengetahui bentuk-bentuk jurnalisme pelajar sebagai jurnalis pemula. Metode penelitian ekspresi jurnalisme pelajar menggunakan model penelitian analisis isi. Dengan menggunakan tipe dasar penelitian kuantitatif deskriptif dan menjelaskan dengan jelas dan lengkap. Ruang lingkup penelitian adalah rubrik Koran Pelajar pada koran Radar Tulungagung edisi 1 Nopember - 31 Desember 2010. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasian rubrik Koran Pelajar edisi 1 Nopember - 31 Desember 2010. Proses dari analisis data adalah setelah dilakukan pengkodingan, kemudian data akan dianalisis menggunakan teknik analisis data distribusi frekuensi dengan cara data-data yang didapat dari hasil pengkodingan dimasukkan ke dalam tabel distribusi frekuensi berdasarkan masing-masing kategorinya. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Berdasarkan kategori gaya bahasa, pada rubrik Koran Pelajar memiliki gaya bahasa sebesar 15,1% bahasa jurnalistik, 44,4% bahasa gaul dan 40,5% bahasa baku. (2) Berdasarkan kategori tema, pada rubrik Koran Pelajar dalam penelitian ini memiliki tema remaja sebesar 23,5%, tema pendidikan 47,1% dan tema sosial 29,4%. (3) Berdasarkan kategori Sumber Berita, pada rubrik Koran Pelajar dalam penelitian ini memiliki 38% guru, 57% pelajar dan 5% sumber lain. (4) Berdasarkan kategori tampilan foto, pada rubrik Koran Pelajar dalam penelitian ini memiliki 28,7% foto ilustrasi dan 71,3% foto potrait dan tidak menemukan foto jurnalistik. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahawa ekspresi jurnalisme pelajar dalam rubrik Koran Pelajar pada Radar Tulungagung belum sepenuhnya menggunakan kaidah-kaidah jurnalisme, karena pelajar bukan sebagai wartawan media dan hanya sebagai jurnalis pemula.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 May 2016 03:34
Last Modified: 11 May 2016 03:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29581

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo