UMM Institutional Repository

PENGARUH DAYA TARIK PROGRAM REALITY SHOW "INDONESIA MENCARI BAKAT" di TRANS TV TERHADAP EKSPLORASI BAKAT PADA REMAJA. (Studi pada siswa SMKN 4 Malang)

KHASANAH, USWATUN (2011) PENGARUH DAYA TARIK PROGRAM REALITY SHOW "INDONESIA MENCARI BAKAT" di TRANS TV TERHADAP EKSPLORASI BAKAT PADA REMAJA. (Studi pada siswa SMKN 4 Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-uswatunkha-22086-PENDAHUL-N.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-uswatunkha-22086-BAB+I.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah munculnya program reality show bertema talent seacrh yaitu "Indonesia Mencari Bakat" yang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Indonesia Mencari Bakat adalah sebuah ajang pencarian bakat anak bangsa tanpa memandang jenis kelamin dan batasan usia, baik perorangan maupun group. Siapapun bisa tampil asalkan mempunyai bakat untuk menghibur orang lain serta memiliki nilai entertainment. Peserta diperbolehkan mempertunjukkan bakatnya dalam bentuk apapun seperti tarian, vokal, atraksi, music, sulap dan lainnya. Walaupun target audience program acara ini adalah masyarakat luas baik anak-anak, remaja dan orang dewasa, peneliti menjadikan kalangan remaja sebagai respondennya. Kemunculan reality show ini membuat masyarakat khususnya remaja yang masih duduk dibangku sekolah berlomba-lomba mengeksplorasi bakat mereka. Dimana usia remaja masih melakukan pencarian dan pengembangan potensi dalam diri. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh daya tarik program reality show "Indonesia Mencari bakat" di Trans TV terhadap eksplorasi bakat pada remaja yaitu siswa SMKN 4 Malang. Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) oleh Albert Bandura yang menyatakan bahwa belajar terjadi dengan cara menunjukkan tanggapan (response) dan mengalami efek-efek yang timbul. Selain itu teori proses selektif juga digunakan dalam penelitian ini. Dimana orang-orang cenderung melakukan selective exposure (terpaan selektif). Mereka menolak pesan yang berbeda dengan kepercayaan mereka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif, karena hendak mengukur variabel-variabel dan tingkat hubungan pengaruh variable daya tarik program reality show "Indonesia Mencari Bakat" di Trans TV terhadap variable eksplorasi bakat pada remaja. Sedangkan populasinya adalah siswa-siswi kelas X SMKN 4 Malang, dengan pengambilan sampel secara acak dan berstrata secara proporsional (proportionate stratified random sampling). Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang disebarkan kepada 252 siswa-siswi sebagai sampel. Analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment dan untuk menguji hipotesis menggunakan Uji F. Berdasarkan hasil perhitungan Uji F diketahui bahwa Fhitung 95.547 > Ftabel 5%, maka dengan demikian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya adalah diterima. Yaitu ada pengaruh daya tarik program "Indonesia Mencari Bakat" terhadap eksplorasi bakat pada remaja. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh daya tarik program "Indonesia mencari Bakat" terhadap eksplorasi bakat pada remaja dapat diketahui dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,526 berada pada rentang 0,40 - 0,599 yang berarti berada pada kategori sedang. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa daya tarik program "Indonesia Mencari Bakat" mempengaruhi remaja untuk mengeksplorasi bakatnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 May 2016 03:13
Last Modified: 11 May 2016 03:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29578

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo