UMM Institutional Repository

ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PENEGAKAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK ANAK SEBAGAI KORBAN KEKERASAN DAN PENELANTARAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi di Polres Kota Batu)

AGUSTININGSIH, RITA (2012) ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PENEGAKAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK ANAK SEBAGAI KORBAN KEKERASAN DAN PENELANTARAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi di Polres Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ritaagusti-27994-1-pendahul-n.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ritaagusti-27994-2-babi.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : Bayu Dwiwiddy Jadmiko, SH. M.Hum Emei Dwinanarhati S, SH. LL.M. Anak sebagai generasi penerus seharusnya dapat tumbuh dan berkembang dalam suasana yang harmonis dan bebas dari pengaruh untuk melakukan perbuatan anti sosial. Oleh karena itu, perlu perhatian dan sekaligus pemikiran yang dapat menghasilkan sesuatu yang kongkrit berupa kebijakan yang strategis yang mendasarkan pada pemikiran, bahwa anak-anak adalah tunas harapan bangsa yang akan melanjutkan eksistensi nusa dan bangsa untuk selama-lamanya. Anak memiliki hak terhindar dari kekerasan dan penelantran dalam rumah tangga. Permasalahan yang dikaji dalam penulisan hukum ini ialah modus operandi, bentuk penegakan hukum oleh penegak hukum, serta kendala dan solusi dalam melakukan penanganan terhadap hak-hak anak sebagai korban kekerasan dan penelantaran dalam rumah tangga di Polres Batu. Penelitian ini bersifat yuridis sosiologis yakni mengkaji penerapan hukum di masyarakat yang terkait dengan penegakan hukum terhadap hak-hak anak sebagai korban kekerasan dan penelantaran dalam rumah tangga. Pengumpulan data dengan cara studi lapangan yakni adalah pengumpulan data secara langsung dilapangan dengan menggunakan metode pertanyaan terbuka terhadap pihak terkait secara purposive sampling atau penelitian di populasi banyak tetapi hanya beberapa yang dijadikan sampel. Dari hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan-permasalahan yang ada, yaitu proses penegakan hukum oleh penegak hukum, serta kendala dan solusi dalam melakukan penanganan terhadap hak-hak anak sebagai korban kekerasan dan penelantaran dalam rumah tangga di Polres Batu. Proses penegakan hukum oleh penegak hukumnya yaitu dengan cara melakukan mediasi yang berguna untuk menyelesaikan masalah dengan jalan non litigasi atau dengan kata lain dengan cara kekeluargaan. Untuk mengatasi kendala dan solusi, Polres Batu memerlukan keahlian khusus untuk dapat meminimallisir kendala dan solusi yang terjadi dan mengeliminasi faktor penghambat dan menemukan solusi dalam menjalankan peranannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 May 2016 03:11
Last Modified: 11 May 2016 03:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29577

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo