UMM Institutional Repository

ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS KEKERASAN YANG TERJADI DI KALANGAN GURU DAN SISWA (Studi Kasus di SMK PGRI 1 dan Polresta Kota Kediri)

ABHIRAMASANTI, (2012) ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS KEKERASAN YANG TERJADI DI KALANGAN GURU DAN SISWA (Studi Kasus di SMK PGRI 1 dan Polresta Kota Kediri). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--abhiramasa-28097-1-pendahul-n.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--abhiramasa-28097-2-babi.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Pembibing I : Bayu Dwiwiddy J, SH.,M.Hum Pembimbing II : Sidik Sunaryo, SH.M.Si Beberapa kasus yang terjadi di kalangan sekolah menengah yang sering terjadi sebagaimana kasus penganiayaan yang dilakukan oleh seorang guru terhadap siswanya di kelas yakni terjadi di SMK PGRI 1 kota Kediri. Kasus ini berupa pemukulan dan penendangan oleh seorang guru terhadap siswanya, yakni pak M (Inisial) yang memukul dan menendang P (Inisial). Kasus ini terjadi di sela-sela proses belajar mengajar, yang menurut guru P tidak menghiraukan pelajaran dan bergurau dengan temannya, karena Pdisuruh maju ke depan tidak mau akhirnya pak M memaksa P untuk maju di depan kelas kemudian langsung memukul dan menendangnya di depan kelas. Berdasarkan kasus tersebut, dasar hukum yang dianut adalah KUHP, maka seorang guru telah melakukan tindak pidana penganiayaan sebagaimana diungkap dalam KUHPidana pasal 351 ayat (1), Pasal 352 ayat (1), dan pasal 354 ayat (1). Metode yang dilakukan adalah pendekatan yuridis sosiologis. Lokasi penelitian adalah di SMK PGRI 1 Kota Kediri Jl. Himalaya No. 6 Telp. 0354-771130 dan Polresta Mojoroto Kota Kediri, Jawa Timur. Matode pengumpulan data yang digunakan sebagai bahan penelitian ini dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, yaitu (1) Wawancara (2) Observasi (3) Studi dokumen. Analisa data yang dilakukan adalah analisis secara deskriptif kualitatif untuk memberikan suatu gambaran yang jelas tentang kekerasan yang terjadi antara guru terhadap siswa di kalangan pelajar SMK kota Kediri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan adalah sebagai berikut: (1) Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan antara guru dan siswa SMK PGRI 1 Kota Kediri adalah bermula dari seorang siswa yang ramai sendiri dengan bermain jendela di kelas saat pelajaran berlangsung. (2) Bentuk-bentuk kekerasan yang terjadi antara guru terhadap siswa SMK PGRI 1 Kota Kediri adalah berupa pemukulan dan penendangan dari seorang guru terhadap. (3) Upaya penyelesaian kasus yang terjadi di SMK PGRI 1 Kediri tersebut awalnya diselesaikan secara kekeluargaan, namun pihak korban merasa tidak puas dan bersikeras untuk diselesaikan secara hukum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 May 2016 03:05
Last Modified: 11 May 2016 03:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29571

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo