UMM Institutional Repository

PENGARUH REVOLUSI MELATI TUNISIA TERHADAP DEMOKRATISASI MESIR 2011

PURVITASARI, DYAN ARTHA (2012) PENGARUH REVOLUSI MELATI TUNISIA TERHADAP DEMOKRATISASI MESIR 2011. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dyanarthap-29646-2-babi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dyanarthap-29646-1-pendahul-n.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I : M.Syaprin Zahidi, S.IP, Pembimbing II : Ruli Inayah Ramadhoan, M.Si. Pada penghujung tahun 2010 dunia Arab dikejutkan dengan tindakan seorang tukang sayur di Tunisia yang nekat untuk membakar dirinya dalam keadaan hidup karena protesnya terhadap pemerintah Tunisia tidak di dengar. Sesungguhnya hal tersebut adalah sebuah momentum yang tepat untuk menurunkan Presiden Ben Ali yang telah berkuasa di Tunisia selama 23 tahun. Keadaan tersebut akhirnya menular ke Mesir yang memiliki tipikal penguasa yang hampir sama dengan Tunisia yaitu pemerintahan yang bertahan dalam waktu yang lama serta pemerintahan junta militer. Dalam kaitannya dengan masalah ini, penulis mengambil pertanyaan bagaimana pengaruh revolusi melati Tunisia terhadap revolusi tweeps di Mesir?. Kemudian teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Globalizing Social Movement oleh Deborah Barret dan Charles Kurzman yang secara umum menjelaskan bahwa gerakan sosial itu dapat disebarkan dengan dua mekanisme penyebaran teori ini pertama “Diffusion” dan kedua “Paralel”, dan yang lebih tepat diaplikasikan dalam penelitian penulis adalah mekanisme “paralel”. Penelitian ini juga menggunakan konsep Gelombang Demokratisasi milik Samuel P. Hutington dimana proses transisi yang terjadi dari suatu rezim yang non demokratis menjadi demokratis.Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata revolusi Melati di Tunisia berpengaruh terhadap terjadinya demokratisasi Mesir 2011 yang menyebabkan tuntutan diadakannya pemilu secepat mungkin guna menggantikan Hoesni Mubarok. Alat penyebaran yang sangat berpengaruh dalam demokratisasi Mesir adalah media sosial seperti Facebook dan Twitter, karena melalui media tersebut masyarakat Mesir berkonsolidasi untuk menumbangkan rezim otoriter Hoesni Mubarak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations (64201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 11 May 2016 03:01
Last Modified: 11 May 2016 03:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29567

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo