UMM Institutional Repository

PERAN PETUGAS HUMAS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP VII MADIUN DALAM HUBUNGAN PERS KasuspadaKecelakaan KA Logawa di SaradanKabupatenMadiun

Kusumawati, Betty Wulandari (2011) PERAN PETUGAS HUMAS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP VII MADIUN DALAM HUBUNGAN PERS KasuspadaKecelakaan KA Logawa di SaradanKabupatenMadiun. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Petugashumasdalamhubunganperssangatpentinguntukmembentuksuatucitraperusahaan.Olehkarenaitusuatuperusahaanharuscepattanggapterhadapdalammenanggapisuatumasalah, salahsatunyaadalahtanggapdalammenanggapipemberitaansecarabenar.Karenapubliklebihmempercayaipersdalammembentuksuatupencitraandalamperusahaanketikaperusahaantersebutdalamkeadaankrisis.Petugashumas PT. KeretaApi Indonesia (Persero) Daop VII Madiundalamperistiwakecelakaankeretaapitidakluputdenganadanyapers, karenaperistiwatersebutmerupakanmanagemenkrisisdalamperusahaan. Sehinggasecaralangsungpetugashumasakanmenjalankanperannyauntukmemberikaninformasikepadaperstentangperistiwakecelakaan yang terjadi. Petugashumas PT. KeretaApi Indonesia (Persero) Daop VII Madiunharusmempunyaihubungandenganpers agar dalampemberitaantersebuttidakmenjadipemberitaan yang negatifbagi PT. KeretaApi Indonesia (Persero) Daop VII Madiun. Hal ini yang membuatpenelititertarikmengambiljudulPeranPetugasHumas PT. KeretaApi Indonesia (Persero) Daop VII Madiundalamhubunganpers (Kasuspadakecelakaan KA Logawa di SaradanKabupatenMadiun).Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanaperanpetugashumas PT. KeretaApi Indonesia (Persero) dalamhubunganperstentangkecelakaan KA Logawa di SaradanKabupatenMadiun. Penelitianinidilakukanmelaluipendekatankualitatifdeskriptif.Data diperolehmelaluiwawancaradandokumentasi.Dalampenelitianini yang menjadisumber data adalah : (1). Petugashumas PT. KeretaApi Indonesia (Persero) Daop VII Madiun, (2). Junior Manager PusatPengendalianOperasiKeretaApi PT. KeretaApi Indonesia (Persero) Daop VII Madiun, (3). Assisten Manager JalanReldanJembatan PT. KeretaApi Indonesia (Persero) Daop VII Madiun, (4). Wartawan Radar Madiun, (5).Koresponden TVRI wilayahMadiun, (6).Koresponden Tempo InteraktifwilayahMadiun, (7).KorespondenAntarawilayahMadiunraya. Dari analisis data yang dilakukanpenelitimemperolehdanmenghasilkanpenemuanbahwapetugashumas PT. KeretaApi Indonesia (Persero) Daop VII Madiunbertindaksebagaikomunikator yang aktifterhadappublik, petugashumastersebutjugamelakukanperanan managerial secarabaik, yaitu (1).Expert Preciber Communication yaitusebagaipraktisi yang ahlidandipercayamenasehatipimpinanuntukmenanggapisuatumasalah yang berhubungandengan public ekternalterutamadengan media, (2).Problem Solving Process Facilitator yaitumenjadisaranasebagaipraktisiuntukbisamemecahkansuatumasalahdenganpetugashumastersebutterjunlangsungketempatkejadianataumelibatkandiridalamsetiappermasalahan, (3).Communication Facilitator yaitupetugashumasmencariapa yang menyebabkankecelakaanituterjadilalumengolah data menjadisebuahrangkaianinformasi yang kemudian di klarifikasikankepadapersataupublik, (4). Technician Communication yaitupetugashumassebagaibidangteknisikomunikasidenganmenghubungiataumengundangparawartawanuntukklarifikasikronologikecelakaanitu. Hambatanpetugashumasdenganpersdalamperistiwakecelakantersebutyaituadanyamisscommunicationpadasaathari-H kejadian, karenadalamperistiwaitupetugashumasmasihmengumpulkan data-data penyebabkeceakaansehinggadalammenanggapipers, petugashumassangatlahhati-hati.Upaya yang dilakukanpetugashumas PT. KeretaApi Indonesia (Persero) Daop VII Madiundalammengatasihambatanpersadalahpetugashumasmemintamaafkepadapers, melakukanpendekatandenganpihakpersdanmenjalinhubungankomunikasimelalui media komunikasi. Petugashumasmelakukanberbagaicarauntukhubunganbaikantarapublik, internal maupunekternalyaitudenganmelakukanpendekatan, kemudiantilik media, hubunganmelalui media komunikasidanmengundangpersuntukklarifikasi, agar citra PT. KeretaApi Indonesia (Persero) akanselalubaikdimatapublik, karenadenganbegitu pula menempatkanpetugashumassecarafungsionalkarenapetugashumasdapatbertindaksebagai media publikasikepadapersataupunpublik. Hal inidisampaikanolehpetugashumas PT. KeretaApi Indonesia (Persero) Daop VII Madiundanwaratawanmemilikikesamaanopini yang diungkapkanyaitukeberadaanpetugashumasdalamrangkamendapatkancitratidaklepasdariusahapublikasipada media denganjalanpemberianinformasi-informasiotentik yang dapatmemberikancitrapositif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 May 2016 02:42
Last Modified: 11 May 2016 02:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29558

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo