UMM Institutional Repository

PERUBAHAN STRATEGI PEMASARAN MOTOR YAMAHA (MNC) DI INDONESIA BERKAITAN DENGAN EVEN MOTOGP

AR RASYID, HARUN (2012) PERUBAHAN STRATEGI PEMASARAN MOTOR YAMAHA (MNC) DI INDONESIA BERKAITAN DENGAN EVEN MOTOGP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-harunarras-29137-2-babi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-harunarras-29137-1-pendahul-n.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I : Tonny Dian Effendy, S.Sos., M.Si Pembimbing II: M. Syaprin Zahidi, S.IP Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, dengan tingginya arus informasi, perkembangan teknologi yang sangat cepat, maka suatu perusahaan harus benar-benar memanfaatkan keberadaan sarana-sarana yang ada terutama media. Karena, salah satu strategi pemasaran yang yang paling mujarab saat ini adalah melalui media dengan apa yang disebut dengan iklan. Iklan merupakan media informasi yang dibuat sedemikian rupa agar dapat menarik minat khalayak, orisinal, serta memiliki karakteristik tertentu dan persuasif sehingga para konsumen atau khalayak secara suka rela terdorong untuk melakukan sesuatu tindakan sesuai dengan yang diinginkan orang yang mengiklankan. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Yamaha tentunya melalui media elektronik yaitu televisi. Berkaitan dengan prestasinya di ajang MotoGP, Yamaha melakukan sedikit perubahan di dalam strategi pemasarannya terutama melalui iklan di televisi. Saat ini Yamaha dalam iklannya di televisi, khususnya untuk Indonesia membuat perubahan dengan menggunakan ikonnya di MotoGP seperti Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi (meskipun Rossi saat ini sudah pindah ke Ducati) dalam setiap iklannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Yamaha Motor Corporation sebagai MNC di Indonesia dan untuk menjelaskan dan mengetahui perubahan strategi pemasaran Yamaha Motor Corporation sebagai MNC di Indonesia berkaitan dengan even MotoGP. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena, baik keadaan yang ada pada saat ini maupun yang ada pada masa lampau. Perusahaan multinasional (MNC) untuk mencapai visi, misi serta tujuan perusahaan secara berkesinambungan melakukan pengembangan produk baru dan pengembangan pasar. Yamaha Motor Corporation memasuki pasar Indonesia dengan menggunakan strategi investasi langsung dan menggunakan strategi merek “Manufactur’s Brand” dan “brand extention”. Program bauran pemasaran dilaksanakan secara terpadu dalam mendukung slogan iklan “Yamaha Semakin di Depan.” Strategi bahwa pemasaran yang diimplementasikan secara terpadu dapat meningkatkan kinerja pemasaran, sehingga Yamaha motor menduduki urutan kedua sebagai market challenger dalam industri sepeda motor di Indonesia. Kejuaraan MotoGP merupakan media bagi produsen sepeda motor dalam mengkomunikasikan bahwa produk dan mereknya bersifat global, bagi Yamaha Motor Corporation dengan kemenangan pembalapnya, khususnya untuk pasar Indonesia ingin membangun image bahwa produknya menduduki peringkat pertama, image ini sekaligus dengan harapan bahwa konsumen akan menyukai merek Yamaha, membeli produk Yamaha sehingga akan menguasai market share dan Yamaha menjadi market leader di Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 11 May 2016 02:38
Last Modified: 11 May 2016 02:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29557

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo