UMM Institutional Repository

PERBANDINGAN CITRA MEREK PADA MIE INSTAN ANTARA INDOMIE DAN MIE SEDAAP (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)

Kartikasari, Dwi (2011) PERBANDINGAN CITRA MEREK PADA MIE INSTAN ANTARA INDOMIE DAN MIE SEDAAP (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwikartika-22091-PENDAHUL-N.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwikartika-22091-BAB+I.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Mie instan merupakan makanan cepat saji yang banyak disukai masyarakat. Hampir semua kalangan sudah pernah merasakan mie instan. Bahkan mie instan selalu menjadi salah satu bantuan untuk korban bencana alam. Indomie dan Mie Sedaap adalah dua dari beberapa merek mie instan yang ada di Indonesia. Indomie yang diproduksi PT Indofood merupakan merek mie instan pertama di Indonesia yaitu pada tahun 1982. Sedangkan Mie Sedaap dapat dikatakan sebagai merek mie instan baru yang muncul pada tahun 2003. Setiap merek mie instan pasti memiliki citra yang berbeda-beda di mata masyarakat. Dalam penelitian ini juga menggunakan model pembentukan citra. Dimana citra terbentuk karena adanya persepsi (perception), kognisi, motivasi dan sikap (attitude). Keempat unsur tersebut dapat memunculkan adanya citra bila ada stimulus atau rangsangan yang mempengaruhi individu. Selain itu, terdapat kesan (impresi) dan perhatian (attention) yang mempengaruhi terbentuknya citra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan citra merek pada mie instan antara Indomie dan Mie Sedaap. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif dengan bantuan program SPSS versi 15. Teknik sampling yang digunakan yaitu insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Penelitian dilakukan di Universitas Muhammadiyah Malang mulai dari tanggal 01 Februari - 20 Februari 2011. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah standar nilai gizi, cita rasa, harga, kemasan, konsumen orang bergengsi, tekstur dan kualitas. Hasil dari penelitian ini didapatkan adanya perbandingan citra merek antara Indomie dan Mie Sedaap karena jumlah t-hitung (4,883) > t-tabel (1,980). Selain melakukan pengujian t-test juga dilakukan penghitungan skor perbandingan dari tiap indikator. Dari perhitungan skor perbandingan pada indikator cita rasa, harga serta kemasan Indomie dan Mie Sedaap mengarah ke arah positif. Pada indikator konsumen yang bergengsi Indomie dan Mie Sedaap mengarah ke arah negatif. Sedangkan pada indikator standar nilai gizi, tekstur dan kualitas Indomie mengarah ke arah positif dan Mie Sedaap ke arah negatif. Sedangkan untuk uji validitas menyatakan bahwa penelitian ini valid karena nilai Corrected Item-Total Correlation pada Cronbach Alpha lebih besar dari 0,3. Pengujian reliabilitas penelitian ini menyatakan reliabel, karena nilai Cronbach's Alpha > 0,6. Selain itu, dilakukan juga perhitungan rata-rata tiap indikator untuk mengetahui perbandingan citra merek antara Indomie dan Mie Sedaap. Dari perhitungan rata-rata tiap indikator ini diketahui citra positif dari masyarakat terhadap Indomie dan Mie Sedaap yang sama-sama terletak pada indikator harga. Sedangkan citra negatif dari masyarakat terhadap Indomie dan Mie Sedaap sama-sama pada indikator konsumen orang bergengsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 May 2016 02:39
Last Modified: 11 May 2016 02:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29553

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo