UMM Institutional Repository

ANALISIS YURIDIS TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN ATAS CACAT TERSEMBUNYI (VERBORGEN GEBREKEN) DALAM PEMBELIAN NOTEBOOK (Studi di Notebook Center Dieng Plasa Malang)

IRAWAN, CANDRA DWI (2012) ANALISIS YURIDIS TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN ATAS CACAT TERSEMBUNYI (VERBORGEN GEBREKEN) DALAM PEMBELIAN NOTEBOOK (Studi di Notebook Center Dieng Plasa Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candradwii-28395-1-pendahul-n.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candradwii-28395-2-babi.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I : Komariah, SH., M.Si., M.Hum. Pembimbing II : Prof. Dr. Rahayu Hartini, SH., M.Si, M.Hum Dalam suatu transaksi pembelian notebook, penjual memberikan garansi sebagai pertanggungjawaban atas cacat tersembunyi yang rentang waktunya variatif untuk mengantisipasi adanya cacat tersembunyi yang menimbulkan ketidakpuasan pembeli. Permasalahan pertanggungjawaban atas cacat tersembunyi tersebut diatur dalam hukum perdata sebagai suatu perjanjian antara penjual dan pembeli notebook. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kerugian yang diderita pembeli masih saja terjadi. Peneliti disini tertarik untuk mengungkap pertanggungjawaban atas cacat tersembunyi oleh Notebook Center Dieng Plasa Malang sebagai unit usaha yang berpengalaman dalam menangani garansi pembeli. Rumusan masalah ada dua yaitu: (1) Bagaimanakah bentuk-bentuk pemberian pertanggungjawaban atas cacat tersembunyi (verborgen gebreken) dalam jual beli notebook?; (2) Bagaimanakah pelaksanaan pertanggungjawaban penjual apabila diketahui adanya cacat tersebunyi (verborgen gebreken) pada masa garansi di Notebook Center Dieng Plasa Malang? Penulis menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis dengan menggunakan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, dan dalam mengolah data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Bentuk garansi yang diberikan oleh pihak Notebook Center di Dieng Plasa Malang kepada konsumen adalah garansi replacement (ganti baru) dan garansi servis. Merujuk pada kasus yang pernah terjadi di Notebook Center di Dieng Plasa Malang, pelaksanaan garansi yang diberikan Notebook Center di Dieng Plasa Malang yang memberikan ganti baru adalah ketika seorang pembeli Apple MacBook mendapati adanya kerusakan pada MacBook-nya setelah beberapa hari digunakan. Dalam hal ini distributor langsung memberikan sebuah MacBook baru sebagai pengganti. Untuk kasus komplain pembeli lain, hanya berkisar pada kerusakan Operating System (OS) yang diselesaikan oleh pihak toko di Notebook Center di Dieng Plasa Malang dengan melaksanakan install ulang program. (2) Pelaksanaan garansi terhadap cacat tersembunyi meliputi servis selama masa garansi dan penggantian barang dengan melayangkan klaim terhadap distributor pusat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 May 2016 03:03
Last Modified: 11 May 2016 03:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29552

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo