UMM Institutional Repository

TEMA PERSAHABATAN DALAM FILM (ANALISIS ISI TERHADAP FILM "KITE RUNNER)

Risdiansyah, Darwin (2011) TEMA PERSAHABATAN DALAM FILM (ANALISIS ISI TERHADAP FILM "KITE RUNNER). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-darwinrisd-23566-Pendahul-n.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-darwinrisd-23566-Bab+I.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Banyak sineas yang telah mengungkap tema persahabatan dengan persepsinya masing-masing mengenai unsur ini. Salah satu film yang mengangkat tema persahabatan dengan balutan konflik yang berbeda adalah karya dari Sineas Afghanistan, "Kite Runner". Film ini mengetengahkan tema persahabatan dengan latar kondisi Afghanistan yang dibalut perang antara Rusia dengan Taliban, pembela rakyat Afghanistan yang tidak seutuhnya mendapat tempat di hati masyarakat Afghanistan. Peneliti disini ingin mengungkap "Bagaimanakah gambaran tema pesan persahabatan dalam film ‘Kite Runner’?" Konsep media massa adalah media komunikasi yang mampu menimbulkan keserempakan dalam arti kata khalayak dalam jumlah yang relative sangat banyak, secara bersama-sama pada saat yang sama,memperhatikan pesan yang dikomunikasikan melalui media tersebut. Sementara yang dimaksud film merupakan media komunikasi yang terbentuk dari kombinasi antara penyampaian pesan melalui gambar bergerak yang dihasilkan dari pemanfaatan teknologi kamera, pencahayaan, warna dan suara. Secara umum yang dimaksud dengan persahabatan adalah hubungan antar sahabat yang mana merupakan bentuk pertemanan dengan keterlibatan emosional yang cukup intens pada dua individu atau lebih. Peneliti menggunakan metode penelitian analisis isi dengan tipe penelitian deskriptif. Ruang lingkup penelitian penulis adalah scene dalam film "Kite Runner". Unit analisis adalah berupa akting yang mengandung unsur kategori baik berupa verbal maupun non verbal. Sedangkan satuan ukur penulis adalah frekuensi kemunculan kategori dari tema persahabatan sesuai dengan kategorisasi yang ditetapkan penulis Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kategori menghabiskan waktu bersama secara audio tidak muncul, sedang secara visual muncul dengan frekuensi 18 kali kemunculan atau prosentase 29%; kategori berbagi kesenangan muncul secara audio dengan frekuensi 12 kali atau prosentase 19%, sedang secara visual muncul dengan frekuensi 13 kali atau prosentase 29%; kategori memiliki rahasia tertentu muncul secara audio dengan frekuensi 5 kali atau 8%, sedang secara visual muncul 6 kali atau prosentase 10%; kategori mengatakan yang dipikirkan muncul dengan frekuensi 18 kali atau 29%, sedangkan secara visual muncul 15 kali atau prosentase 24%; kategori saling menolong muncul dengan frekuensi 4 kali atau prosentase 6%, sedang secara visual muncul 4 kali atau prosentase 6%. Dengan menilik kenyataan bahwa kandungan pesan menghabiskan waktu bersama dan mengatakan yang dipikirkan muncul 18 kali dari keseluruhan 63 scene, maka dapat dikatakan bahwa film "Kite Runner" memang memiliki kandungan pesan tentang persahabatan, karena lebih dari sebagian scene dari film menampilkan kandungan pesan persahabatan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 May 2016 02:22
Last Modified: 11 May 2016 02:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29543

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo