UMM Institutional Repository

ANALISIS WACANA PIDATO PRESIDEN AMERIKA SERIKAT (AS) BARACK H.OBAMA SAAT BERKUNJUNG KE INDONESIA

Jauhari, Alfin (2011) ANALISIS WACANA PIDATO PRESIDEN AMERIKA SERIKAT (AS) BARACK H.OBAMA SAAT BERKUNJUNG KE INDONESIA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-alfinjauha-23567-Pendahul-n.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-alfinjauha-23567-BAB+I.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena Obama yang terkenal akan politik pencitraanya, baik didalam maupun luar negri. Salah satu cara untuk memainkan politik pencitraanya adalah melalui pidato, karena melalui pidato, komunikator bisa melakukan kontrol wacana publiknya. Komunikator mampu mengarahkan opini publik hendak dibawa kemana dan seolah - olah setuju dengan pendapat komunikator. Melalui pemilihan kata, artikulasi, intonasi penekanan suara pada bagian -bagian tertentu, dan sebagainya, komunikator bisa membentuk citra diri yang baik dihadapan publik secara sengaja, namun tanpa disadari oleh publik. Salah satu publik yang menjadi target politik pencitraan Obama adalah masyarakat Indonesia. Antusiasme masyarakat Indonesia yang mengagumi sosok Obama, yakni seorang anak yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia selama 4 tahun dan kini menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat. Tentu hal ini mempermudah Obama untuk melakukan pencitraannya. Banyak opini yang berkembang dimasyarakat terkait isu kunjungan Obama ke Indonesia, mulai dari yang mendukung sampai yang menentang. Untuk itu Obama memberikan jawaban atas maksud kunjungannya ke Indonesia, melalui pidatonya di Universitas Indonesia. Dari sinilah muncul permasalahan, bagaimana unsur - unsur pidato Obama dalam mengkonstruksi pencitraannya saat berkunjung ke Indonesia? Melalui metode analisis wacana dengan pendekatan kualitatif interpretatif. Dengan teknik pengumpulan data dokumentasi,yaitu teks pidato Obama yang didapat dari situs resmi Kedubes AS di Jakarta, maka data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis wacana milik Teun A. Van Dijk dimana ada tiga struktur/tingkatan yang terdiri dari struktur makro, superstruktur dan struktur mikro untuk mengetahui bagaimana unsur - unsur pidato Obama dalam mengkonstruksi pencitraannya saat berkunjung ke Indonesia Pidato Obama di Universitas Indonesia ini tidak lebih dari sekedar pencitraan atas dirinya dan kepentingan AS saja. Hal ini dapat dilihat dari pidatonya Obama yang langsung dibuka dengan ucapan "Assalalmualaikum" dan "Indonesia bagian dari diri saya", ini sebagai upaya memperbaiki citra AS di dunia islam. Kemudian Obama melanjutkan pembahasannya mengenai kemitraan komprehensif Indonesia - AS yang lebih banyak dibahas adalah tentang pembangunan dan SDM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pidato Obama di UI hanyalah strategi pencitraan atas dirinya dan Amerika guna mendekatkan diri dengan Indonesia dan dunia islam. Melalui unsur - unsur pidatonya Obama seperti: Obama mencitrakan dirinya sebagi sosok yang bersahabat, cinta damai dan memanfaatkan hubungannya dengan Indonesia untuk membangun citra baik di dunia islam, kemudian melalui kemitraan komprehensif sebagai soft power guna memperkuat kontrol AS atas Indonesia serta Obama juga secara implisit menunjukkan bahwa kapitalisme tidak bertentangan dengan islam dengan memuji - muji indonesia sebagai negara moderat yang berhasil memadukan liberal dan keislaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 May 2016 02:19
Last Modified: 11 May 2016 02:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29541

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo