UMM Institutional Repository

PERBANDINGAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI INDONESIA DENGAN FILIPINA TERKAIT ISU TERORISME TAHUN 2001 – 2004

HASNIYAH, MIA (2013) PERBANDINGAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI INDONESIA DENGAN FILIPINA TERKAIT ISU TERORISME TAHUN 2001 – 2004. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miahasniya-31128-2-babi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miahasniya-31128-1-pendahul-n.pdf

Download (849kB) | Preview

Abstract

Pasca kejadian serangan 11 September 2001, AS mengeluarkan kebijakan luar negerinya untuk perang melawan terorsme global. Isu terorisme global telah mengubah pandangan dunia internasional akan bentuk ancaman yang semula berupa ancaman militer menjadi ancaman terhadap terorisme. Hal tersebut membuat setiap Negara segera merespon kebijakan terorisme global AS tak terkecuali Negara-negara dikawasan Asia Tenggara. Asia Tenggara merupakan kawasan yang memiliki tingkat aksi terorisme yang cukup tinggi khususnya di Negara Indonesia dan Filipina. Indonesia dan Filipina memiliki masalah tingginya aksi terorisme yang terjadi didalam negeri. Hal tersebut membuat kedua Negara segera merespon kebijakan terorisme global yang dikeluarkan AS. Kedua Negara membuat kebijakan luar negeri sebagai wujud dukungannya terhadap AS dalam menanggulangi masalah terorisme. Proses pembuatan kebijakan luar negeri Indonesia dan Filipina kemudian dibandingkan dengan menggunakan tiga kriteria, yaitu rasionalitas Negara yang berupa persepsi ancaman, lembaga pemerintahan, dan media massa. Ketiga faktor tersebut memperlihatkan persamaan dan perbedaan yang mendasari dibuatnya kebijakan luar negeri terkait isu terorisme. Selain itu terdapat juga hal yang mendasari munculnya perbedaan dalam proses pembuatan kebijakan luar negeri Indonesia dan Filipina, yaitu Agama mayoritas dari penduduk Indonesia dan Filipina yang berbeda serta hubungan Indonesia dan Filipina dengan AS yang akan menentukan posisi mereka dalam memerangi isu terorisme global.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 11 May 2016 02:17
Last Modified: 11 May 2016 02:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29540

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo