UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN HAKIM PENGADILAN TINGGI MALUKU UTARA TENTANG TINDAK PIDANA YANG MENYANGKUT PENGGUNAAN BAHAN YANG DAPAT MEMBAHAYAKAN KELESTARIAN SUMBER DAYA IKAN / LINGKUNGANNYA (Analisa Putusan No. 32/Pid.Sus/2010/PT. Malut)

ADHITIYA, ALQARANA PITRA (2012) TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN HAKIM PENGADILAN TINGGI MALUKU UTARA TENTANG TINDAK PIDANA YANG MENYANGKUT PENGGUNAAN BAHAN YANG DAPAT MEMBAHAYAKAN KELESTARIAN SUMBER DAYA IKAN / LINGKUNGANNYA (Analisa Putusan No. 32/Pid.Sus/2010/PT. Malut). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alqaranapi-28519-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alqaranapi-28519-2-babi.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : DR. Surya Anoraga, SH. MH Catur Wido Haruni, SH. MH. M.Si Dasar pertimbangan hakim dalam menyusun sebuah putusan akan menarik untuk diteliti karena hal tersebut meliputi unsur kepastian hukum, kemanfaatan dan keadilan bagi sebuah perkara pidana. Salah satunya adalah bagaimana dalam kasus penangkapan ikan dengan bahan peledak yang dilakukan oleh beberapa orang dan selain hukuman terlalu berat hakim memberikan lamanya hukuman sama terhadap semua Terdakwa padahal suatu tindak pidana yang dilakukan oleh lebih dari satu orang pasti terdapat otak pelaku atau pemberi sarana dan prasarana sehingga kejahatan terjadi. Menarik untuk menganalisis putusan hakim dalam kasus ini adalah untuk mengetahui prinsip kepastian hukum, keadilan, dan kemanfaatan dasar pertimbangan Hakim Pengadilan Tinggi Maluku Utara dalam memutus perkara Nomor 32/Pid.Sus/2010/PT.Malut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan yuridis normatif. Penelitian didasarkan pada analisis bahan hukum berupa putusan Hakim Pengadilan Tinggi Maluku Utara Nomor 32/Pid.Sus/2010/PT.Malut. Untuk pengolahan data penulis menggunakan deskriptif kualitatif. Bahwa putusan hakim Pengadilan Tinggi Maluku Utara Nomor 32/Pid.Sus/2010/PT.Malut tersebut tidak memenuhi ketentuan hukum formil, yang sebenarnya mengakibatkan putusan dapat batal demi hukum karena tidak terpenuhi pasal 197 dan pasal 143 KUHAP berkenaan dengan dakwaan Jaksa Penuntut Umum. Sehingga, selain batal demi hukum, kelalaian hakim seperti ini dapat menjadikan putusan tidak memenuhi kepastian hukum materiil. Hakim Pengadilan Tinggi tidak bersungguh-sungguh dalam memeriksa perkara, dan tidak memperhatikan kekurangan dalam aspek formil dakwaan Jaksa maupun putusannya yang dapat merugikan para Terdakwa di dalam mengajukan upaya pembelaannya serta mempengaruhi hukuman yang akan para Terdakwa peroleh. Dengan demikian, dalam menjatuhkan putusan, selain hakim tidak menerapkan KUHAP dengan benar, Hakim tidak juga tidak mempertimbangkan prinsip keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 May 2016 02:19
Last Modified: 11 May 2016 02:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29539

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo