UMM Institutional Repository

STRATEGI CHINA DALAM PERSAINGAN DENGAN AMERIKA SERIKAT UNTUK MEMPEREBUTKAN HAK EKSPLORASI MINYAK DI SUDAN

Fitriyah, Ikhrotul (2013) STRATEGI CHINA DALAM PERSAINGAN DENGAN AMERIKA SERIKAT UNTUK MEMPEREBUTKAN HAK EKSPLORASI MINYAK DI SUDAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikhrotulfi-31138-2-babi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikhrotulfi-31138-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikhrotulfi-31138-2-babi.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I : Tonny Dian Effendi, S.Sos., M.Si, Pembimbing II : Victory Pradhitama S.Sos, M.Si. Seiring dengan Peningkatan ekonomi China yang cukup signifikan membuat persaingan antara China dan Amerika Serikat (AS) dalam mendapatkan minyak semakin ketat. Dalam menjaga keberlangsungan energy security-nya China kerap bersinggungan dengan AS untuk mendapatkan akses minyak. Konstelasi ini bermula dari kawasan Timur Tengah yang kemudian menjadikan Afrika sebagai alternatif kedua khususnya Negara Sudan sebagai objek dari penelitian ini karena bagi China, keberadaan AS di Sudan mempengaruhi pola dan kebijakan Sudan. Dalam kaitannya dengan masalah ini, penulis memunculkan pertanyaan Bagaimana strategi yang dilakukan oleh China dalam memperebutkan hak eksplorasi minyak di Sudan dalam persaingannya dengan AS? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Neo-realisme oleh Kennet Waltz dengan strtaegi balancing yang secara umum menjelaskan bagaimana tindakan negara dalam mempertahankan posisinya dalam sistem, bukan meningkatkan kekuatan sebab merupakan pertahanan diri dan perlindungan nilai-nilai. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam persaingannya dengan AS, China berupaya membalance AS dengan menjadi opopisi dari sumber bahaya (AS). Dalam hal tersebut China memberikan paket bantuan ekonomi yakni melakukan kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan dengan memberikan pinjaman dengan bunga rendah serta bantuan pembangunan tanpa disertai berbagai persyaratan, investasi langsung yang diberikan oleh perusahaan China CNCP (China National Petroleum Corporation) dalam eksplorasi minyak, bantuan kemanusiaan guna menunjang pembangunan dan perbaikan Sudan sebagai akibat dari konflik Darfur. Dalam hal politik, China memberikan perlindungan diplomatik terhadap pemerintah Sudan yang dijatuhkan sanksi atas tuduhan genosida dan pelanggaran HAM yang dituduhkan AS sedangkan dari segi nilai/identitas, China berusaha membangun persepsi Sudan dan membangun kedekatan emosional dengan soft power bahwa China merupakan alternatif yang menjanjikan bagi Sudan sebab keduanya termasuk Negara-negara Selatan yang saling membutuhkan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relationship
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 11 May 2016 02:11
Last Modified: 11 May 2016 02:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29535

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo