UMM Institutional Repository

Strategi Defensif RRC dalam Merespon Kebijakan AS atas Taiwan

PRASETYA, DION MAULANA (2013) Strategi Defensif RRC dalam Merespon Kebijakan AS atas Taiwan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dionmaulan-31139-2-babi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dionmaulan-31139-1-pendahul-n.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I : Victory Pradhitama, S. Sos., M. Si., Pembimbing II : Tonny Dian Effendi, S. Sos., M. Si. Penjualan senjata oleh Amerika Serikat kepada Taiwan merupakan salah satu driving force untuk memahami hubungan Cina-AS. Di bawah kerangka perjanjian Taiwan Relations Act, Amerika Serikat berhak untuk menyediakan persenjataan untuk tujuan pertahanan bagi Taiwan. Hal ini dilakukan AS untuk melindungi Taiwan dari kemungkinan tindakan unilateral Cina. Kebijakan AS ini sangat mempengaruhi Cina, yang menganggap bahwa Taiwan merupakan salah satu propinsi yang memberontak dari Tanah Air. Bagi Cina, status Taiwan telah final dan tidak dapat dirubah, yaitu merupakan bagian dari Republik Rakyat Cina, dan tidak akan pernah memperoleh kemerdekaan secara de jure. Sehingga kebijakan AS menjual persenjataan dalam jumlah besar, seperti yang terjadi pada tahun 2010, dipandang oleh Cina sebagai dukungan untuk kemerdekaan Taiwan. Sebagai salah satu negara yang sedang melakukan modernisasi militer besar-besaran, respon Cina terhadap AS berupa kecaman dan sanksi, serta ancaman terhadap Taiwan, menjadi satu pertanyaan penting. Dengan menggunakan teori ¬offense-defense yang digagas oleh Robert Jervis, penulis hendak menjawab dan menjelaskan pertanyaan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kapabilitas militer Amerika Serikat merupakan variabel utama mengapa strategi Cina dalam merespon penjualan senjata ke Taiwan bersifat defensif. Saat ini pilihan yang menguntungkan bagi Cina adalah bertahan, bukannya menyerang. Pilihan untuk memaksa penyatuan dengan Taiwan hanya akan merugikan Cina, karena akan memancing reaksi AS, seperti yang terjadi pada tahun 1995-1996. Kapabilitas militer Cina yang berada di bawah AS, menjadi pertimbangan utama strategi defensif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relationship
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 11 May 2016 02:10
Last Modified: 11 May 2016 02:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29532

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo