UMM Institutional Repository

Peran Indonesia Di ASEAN Pada Masa SBY Periode 2004-2011

BAKAR, MOH ABU (2013) Peran Indonesia Di ASEAN Pada Masa SBY Periode 2004-2011. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohabubaka-31141-2-babi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohabubaka-31141-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki sejarah panjang dalam komunitas ASEAN, sejarah panjang tersebut meliputi peran aktif Indonesia dalam mempelopori berdirinya komunitas ASEAN pada masa awalnya kemudian Menghadirkan perubahan dalam perkembangan komunitas serta negara-negara di dalamnya. Dengan kondisi Indonesia seperti dijelaskan sebelumnya menjadi sangat menarik untuk mengetahui bagaimanakah Indonesia dalam kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan spektrum perkembangan komunitas ASEAN yang semakin kompleks dapat mengambil peran aktif. Agar dapat menemukan hasil pencarian terhadap pertanyaan diatas di gunakanlah Metodelogi deskriptif kualitatif yang berupaya menjelaskan secara terperinci setiap peran aktif Indonesia dalam komunitas ASEAN. Metodelogi ini membutuhkan kelengkapan data yang akurat sebagaimana yang di temukan oleh peneliti. Agar di peroleh kejelasan peran Indonesia di ASEAN pada era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Komunitas ASEAN yang semakin berkembang, setidaknya dapat dilihat dalam aktivitas hubungan internasional dengan semakin berperannya komunitas ASEAN dalam dunia global. Hal tersebut merupakan pantulan akan dinamika sosial politik komunitas ASEAN secara internal. Di era SBY Indonesia memainkan peranan penting dalam menciptakan keseimbangan yang dibutuhan komunitas ASEAN untuk lebih berkembang. Hal tersebut dapat dilihat dari mencairnya eskalasi konflik keamanan antara Kamboja dan Thailand terkait konflik perbatasan yang berujung pada meja perundingan serta terciptanya politik damai di myanmar. Disamping kemajuan pembangunan infrastruktur negara-negara ASEAN, tercapainya kesepakatan dengan Pemerintah Tiongkok terkait isu Laut China Selatan serta meningkatkan pemahaman akan demokrasi di komunitas ASEAN. Indonesia yang secara kultural diakui sebagai pemimpin ASEAN, pada era kepemimpinan SBY menunjukan peran konsistennya dalam memajukan serta meningkatkan kehidupan komunitas ASEAN menuju lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relationship
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 11 May 2016 02:07
Last Modified: 11 May 2016 02:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29530

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo