UMM Institutional Repository

TEKANAN DUNIA INTERNASIONAL TERHADAP ISU DEFORESTASI DI INDONESIA PADA ERA ORDE BARU

INTAN P.P, NATALIA (2013) TEKANAN DUNIA INTERNASIONAL TERHADAP ISU DEFORESTASI DI INDONESIA PADA ERA ORDE BARU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nataliaint-31142-2-bab1.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nataliaint-31142-1-pendahul-n.pdf

Download (930kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kawasan hutan terluas di dunia setelah Brazil. Potensi alam Indonesia ini telah mendorong pemerintahan pada era orde baru untuk mengelolanya untuk berbisnis. Mereka berpikir bahwa cara ini bisa membawa manfaat yang lebih baik bagi ekonomi negara dan berharap bisa menghasil lebih banyak uang. Mereka menciptakan banyak kebijakan dan aturan yang memudahkan para investor untuk memulai mengeksploitasi hutan. Para investor didatangkan dari luar negeri dan juga beberapa perusahaan lokal. Sayangnya, kebijakan dan aturan yang dibuat pemerintah tidak membantu masyarakat untuk memiliki lingkungan yang lebih baik. Kebijakan pemerintah mungkin berhasil meningkatkan devisa negara dan berharap membantu mengangkat keterpurukan ekonomi, akan tetapi tidak menciptakan keselarasan dengan Ibu Alam (Mother Nature). Deforestasi telah menciptakan banyak persoalan pada isu lingkungan hidup. Hutan kita dieksploitasi, kayu-kayu dijual dan diekspor ke negara lain, tetapi Indonesia kemudian harus berurusan dengan isu-isu atau masalah lingkungan hidup. Hutan tropis adalah jantung kehidupan dunia, tetapi eksploitasi telah membawa banyak dampak negatif, seperti pemanasan global karena menipisnya lapisan ozon. Dunia International mengakui dengan sangat baik bahwa hutan tropis Indonesia adalah salah satu jantung kehidupan dunia. Deforestasi hutan tropis di Indonesia bisa sangat membahayakan kehidupan dunia umumnya dan Indonesia pada khususnya. Salah satu tekanan dunia International yang mungkin bisa dibuat adalah memboikot semua kebijakan luar negeri pemerintah kita. Boikot ini merupakan salah satu cara istimewa untuk menekan pemerintah agar dapat berpikir kembali dan merehabilitasi lagi hutan-hutan yang sudah dieksploitasi. Pemerintah seharusnya mampu menjaga kelestarian hutan tropis Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations (64201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 11 May 2016 02:05
Last Modified: 11 May 2016 02:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29528

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo