UMM Institutional Repository

KERJASAMA MILITER DAN PERTAHANAN KUBA DAN RUSIA PASCA PERANG DINGIN

RENNY, YEYEN ANGGA (2013) KERJASAMA MILITER DAN PERTAHANAN KUBA DAN RUSIA PASCA PERANG DINGIN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yeyenangga-31144-2-babi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yeyenangga-31144-1-pendahul-n.pdf

Download (817kB) | Preview

Abstract

Pembimbing:Victory Pradhitama, S.Sos., MSi Ruli Inayah Ramadhoan, S.Sos., MSi Abstraksi Kuba dan Rusia merupakan sekutu pada masa Perang Dingin, sehingga kedua Negara memiliki sejarah hubungan diplomatik yang panjang. Pada masa Perang Dingin, kedua Negara melakukan kerjasama yang memiliki intensitas tinggi terutama pada bidang militer dan ekonomi. Namun dengan berakhirnya Perang Dingin, kerjasama kedua Negara pun tertahan. Hal ini dikarenakan Rusia yang mengalami kehancuran dalam perekonomiannya. Sehingga Rusia tidak lagi menjadi penyokong utama perekonomian dan militer Kuba. Yang kemudian menjadi menarik adalah ketika pasca Perang Dingin, Rusia mulai bangkit dari krisis ekonominya dan kembali memulai hubungan diplomatik dengan Kuba. Berawal dari perbaikan hubungan politik, keduanya berlanjut pada perkembangan kerjasama ekonomi yang berjalan dengan pesat dan menjadi penopang terjalinnya kerjasama-kerjasama lain, sehingga diikuti oleh kerjasama dalam berbagai bidang termasuk militer dan pertahanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kerjasama militer dan pertahanan Kuba dan Rusia yang cenderung fluktuatif pasca Perang Dingin. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah Kuba dan Rusia sebagai subyek penelitian dan kerjasama militer dan pertahanan sebagai obyek penelitian, serta konsep pasca Perang Dingin yang memberikan batasan waktu dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subyek penelitian kebijakan yang bersifat kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan data-data sekunder. Sehingga dari proses penelitian tersebut dapat diketahui bahwa perkembangan kerjasama pada bidang militer dan pertahanan Kuba dan Rusia pasca Perang Dingin tidak secepat pada bidang ekonomi, tetapi memiliki prospek yang bagus karena terdapat berbagai rencana dan inisiatif untuk mempererat kerjasama tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 11 May 2016 02:00
Last Modified: 11 May 2016 02:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29526

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo