UMM Institutional Repository

KEPENTINGAN EKONOMI DAN POLITIK CHINA DALAM ASEAN-CHINA FREE TRADE AGREEMENT (ACFTA)

Fitri, Dewi (2012) KEPENTINGAN EKONOMI DAN POLITIK CHINA DALAM ASEAN-CHINA FREE TRADE AGREEMENT (ACFTA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--dewifitri0-28344-2-bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--dewifitri0-28344-1-pendahul-n.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Perubahan kebijakan politik luar negeri China dari sistem politik yang tertutup terhadap dunia luar pada era Mao Zedong menjadi sistem politik yang lebih terbuka pada era Deng Xiaoping menjadikan ekonomi China tumbuh dengan pesat, bahkan sudah dapat bersaing dengan negara-negara maju. Pertumbuhan ekonomi yang pesat tersebut memaksa China untuk terus mengembangkan dan mempertahankannya dengan cara membuat kebijakan luar negeri yang salah satu kebijakannya diimplementasikan dalam ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA) yang dimulai pada 2010. China memilih ASEAN karena wilayah ini selain merupakan negara-negara tetangga juga karena kekayaan sumber daya alam dan letak strategisnya yang menjadi perhatian banyak pihak yang juga akan menguntungkan bagi kepentingan China sendiri. Tipe penelitian ini menggunakan metode eksplanatif kualitatif. Teknik pengumpulan data secara sekunder berupa hasil analisa yang didapatkan melalui studi kepustakaan. Teori dan konsep yang digunakan adalah Politik Luar Negeri, Kepentingan Nasional, dan Perdagangan Bebas (Free Trade). Hasil dari penelitian ini adalah beberapa kepentingan ekonomi dan politik China dalam ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA) dengan melihat kebutuhan domestik China. China sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan telah menjadi negara industri membutuhkan sumber daya alam khususnya energi guna keberlanjutan proses ekonominya dan memerlukan strategi politik yang kuat dan damai untuk melindungi kepentingan ekonominya tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations (64201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 11 May 2016 01:36
Last Modified: 11 May 2016 01:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29517

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo