UMM Institutional Repository

PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING UNTUK MEMINIMASI WASTE PADA PROSES PRODUKSI SARI APEL MERK “FLAMBOYAN” (Studi Kasus: PT. Batu Bhumi Suryatama)

THOYYIBAH, ZIYADATUT (2013) PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING UNTUK MEMINIMASI WASTE PADA PROSES PRODUKSI SARI APEL MERK “FLAMBOYAN” (Studi Kasus: PT. Batu Bhumi Suryatama). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ziyadatutt-31163-2-babi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ziyadatutt-31163-1-pendahul-n.pdf

Download (628kB) | Preview

Abstract

PT. Batu Bhumi Suryatama merupakan perusahaan yang menghasilkan produk berupa sari apel dengan sistem produksi make to stock. Waste (pemborosan) yang terjadi pada perusahaan namun belum tentu telah disadari oleh pihak perusahaan menimbulkan kapasitas produksi tidak optimal yang dipengaruhi oleh proses, tenaga dan waktu sehingga tidak memenuhi target produksi. Oleh karena itu diperlukan suatu metode Lean Manufacturing untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pada metode Lean Manufacturing langkah pertama yang dilakukan adalah penggambarkan keseluruhan proses produksi dengan Big Picture Mapping, pembobotan pada hasil kuesioner untuk mengetahui waste yang sering terjadi, kemudian pemetaan secara lebih detail mengenai waste menggunakan Value Stream Analysis Tool (VALSAT), penganalisa tentang penyebab waste yang terpilih dengan menggunakan FTA (Fault Tree Analysis). Tahap terakhir adalah identifikasi mode kegagalan dan tindakan perbaikan dengan FMEA berdasarkan nilai RPN tertinggi. Berdasarkan hasil perhitungan, maka diketahui waste yang paling sering terjadi adalah defect dan inappropriate processing. Dengan pemetaan menggunakan tool Quality Filter Mapping maka ditemukan defect yang paling sering terjadi adalah kurang isi, dan pada Process Activity Mapping ditemukan bahwa proses peletakkan dan pengontrolan bocor produk jadi merupakan aktivitas NVA (Non Value Adding) yang paling lama. Dari hasil FMEA didapatkan rekomendasi perbaikan untuk mengurangi waste, yaitu dengan cara perbaikan alat pengukur keluarnya sari apel, pergantian pompa dan penambahan bak pendingin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 11 May 2016 01:12
Last Modified: 11 May 2016 01:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29504

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo