UMM Institutional Repository

KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN PETANI GARAM ( Studi Tentang Program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat ”Pugar”)

Rahman, Halilur (2012) KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN PETANI GARAM ( Studi Tentang Program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat ”Pugar”). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianpermat-30556-2-babi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-halilurrah-30555-2-babi.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Program Usaha Garam Rakyat (PUGAR) merupakan program pemberdayaan yang di focuskan pada peningkatan kesempatan kerja dan kesejahteraan bagi petambak melalui prinsip bottom-up artinya masyarakat sendiri yang merencanakan kegiatan, melaksanakan, melakukan monitoring dan evaluasi sesuai dengan mekanisme yang ditentukan. Selain itu, PUGAR merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan produksi garam sebagai salah satu implikasi dari target pemerintah dalam rangka menyediakan kebutuhan garam nasional serta mengurangi impor garam. Dalam penelitian ini dilakukan pengambilan sumber data dari pelaksana PUGAR yaitu(1) Pemerintah terkait Kabupaten Sumenep tentang kebijakan pemerintah dalam melaksakan PUGAR dan realisasi pelaksanaan PUGAR dan (2) Salah satuKelompok Usaha Garam Rakyat (KUGAR) di Desa yang memiliki lahan garam dan Kelompok PUGAR banyak sebagai indikator dari kebijakan pemerintah dan realisasi dalam pelaksanaan PUGAR. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pemerintah Kabupaten Sumenep telah melakukan berbagai persiapan melalui pemetaan wilayah tambak, peningkatan kapasitas petambak garam, pendampingan, Bantuan Langsung Masyarakat (BLM), publikasi, monitoring danevaluasi, lokakarya, dan pelaporan. Realisasi PUGAR yang sudah di lakukan oleh Pemerintah Daerah yaitu 201 KUGAR, dengan luas lahan 994,15 Ha dan kebutuhan alokasi dana sebesar Rp. 5.131.500.000, yang di lakukan empat tahap. Kelompok penerima Bantuan Langsung Masyarakat PUGAR (BLM PUGAR) pada tahun 2012 terdiri dari dua katagori yaitu kelompok lama dan kelompok baru. Jumlah nilai BLM yang diterima dari perbedaan kategori tersebut tidak sama yaitu KUGAR baru lebih besar dibandingkan KUGAR lama. Katagori kisaran nilai BLM PUGAR yang diterima KUGAR untuk KUGAR lama terendah 6 juta dan tertinggi 12,5juta. Sedangkan nilai kisaran BLM PUGAR kelompok baru terendah 23 juta dan tertinggi 46 juta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 10 May 2016 12:29
Last Modified: 10 May 2016 12:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29502

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo