UMM Institutional Repository

DAMPAK MENJAMURNYA MINIMARKET TERHADAP PEDAGANG TRADISIONAL di KECAMATAN GADINGREJO KOTA PASURUAN TAHUN 2011-2012

Sektiaji, Akhmad Arif (2012) DAMPAK MENJAMURNYA MINIMARKET TERHADAP PEDAGANG TRADISIONAL di KECAMATAN GADINGREJO KOTA PASURUAN TAHUN 2011-2012. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-akhmadarif-29637-1-pendahul-n.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-akhmadarif-29637-2-babi.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Menjamurnya minimarket di seluruh pelosok Indonesia tak lepas dari longgarnya kebijakan yang dibuat oleh pemerintah baik pusat maupun daerah mengenai perijinan pendirian pasar modern. Hal ini tentu akan merugikan para pedagang tradisional, tak terkecuali para pedagang toko dan warung tradisional di kampung-kampung. Kondisi tersebut menarik perhatian peneliti di Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan, di mana ketimpangan nasib pedagang tradisional tersebut terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistematika perijinan pendirian minimarket di Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan tahun 2011—2012 dan mendeskripsikan dampak menjamurnya minimarket terhadap pedagang tradisional Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan tahun 2011—2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif yaitu melakukan kajian pada suatu usaha pemerian, analisis dan penafsiran guna menggambarkan dan mendiskripsikan permasalahan tergesernya pedagang tradisional akibat menjamurnya minimarket di Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan. Objek dalam penelitian ini adalah permasalahan mudahnya pemberian ijin pendirian bangunan toko modern di Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah pedagang tradisional, pengelola minimarket, dan aparat pemerintah di Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa paparan informasi mengenai paparan informasi kemudahan ijin pendirian bangunan toko modern di Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan, sedangkan sumber data sekunder diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain), dan sumber data primer diperoleh langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Lokasi penelitian yaitu di Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan. Dari hasil analisis data deksripsi kualitatif dipaparkan permasalahan yang timbul akibat semakin banyaknya minimarket yang berdiri di Kota Pasuruan, khususnya di Kecamatan Gadingrejo memiliki beberapa faktor pendukung dan penghambat. Adanya faktor pendukung yaitu usaha pemerintah dalam bentuk kebijakan yang dibuat untuk melindungi dan memertahankan keberadaan toko dan warung tradisional oleh pemerintah sangat diperlukan. Namun, dari hasil pembahasan dan penelitian proses monitoring dan controlling akan pembangunan atau keberadaan minimarket di Kota Pasuruan kurang berjalan dengan maksimal. Sedangkan faktor penghambat keberadaan toko dan warung tradisional adalah pola pikir dan konsumerisme masyarakat yang berubah. Hal tersebut tentu memberikan dampak yang significant yaitu adanya persaingan harga yang muncul ini dikarenakan minimarket dapat bekerja sama dengan distributor besar sedangkan pedagang tradisional tidak; adanya perubahan bentuk toko dan warung kelontong menjadi warung makan dan mengubahnya layaknya minimarket; dan gulung tikarnya pedagang tradisional karena kalah bersaing harga, pelanggan menghilang, dan bangkrut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 10 May 2016 12:20
Last Modified: 10 May 2016 12:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29496

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo