UMM Institutional Repository

PERANCANGAN KUALITAS PRODUK MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) ( Study Kasus Pada Produk Kursi Makan Di Mebel UD. Sukariani, Tulungagung )

ANSORI, FAISAL (2012) PERANCANGAN KUALITAS PRODUK MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) ( Study Kasus Pada Produk Kursi Makan Di Mebel UD. Sukariani, Tulungagung ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faisalanso-29336-2-bab1.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faisalanso-29336-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Industri mebel di Indonesia sudah sangat berkembang karena merupakan salah satu komoditi bagi pemerintah saat ini. Dengan begitu banyak industri mebel di Tulungagung mengakibatkan terjadinya persaingan yang ketat sehingga UD. Sukariani mengalami penurunan penjualan pada produk kursi makan. Tidak sedikit pula pelanggan setia UD. Sukariani yang memberikan komplain terhadap perusahaan. Oleh karena itu perusahaan dituntut untuk melakukan evaluasi produk kursi makan dengan mempertimbangkan atribut yang sesuai dengan keinginan konsumen. Pada prinsipnya kepuasan konsumen itu dapat diukur dengan berbagai macam metode dan teknik. Salah satu cara untuk mencapai perbaikan kualitas hasil produksi yaitu dengan penerapan metode Quality Function Deployment (QFD). Dengan menggunakan QFD pada penelitian ini maka diharapkan kualitas produk dapat memenuhi harapan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang diinginkan dan diprioritaskan konsumen untuk digunakan pada standard kualitas yaitu sandaran lebih tinggi dari sandaran kursi normal, tinggi dudukan kursi, Jenis kayu yang dipakai, ketahanan terhadap perubahan temperatur, dan lebar dudukan bagian depan lebih lebar. Sedangakan respon teknis dari konsumen yang perlu diprioritaskan agar diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya dalam memenuhi kepuasan pelanggan yaitu pada pembentukan komponen sandaran dengan panjang : 55 cm ,lebar atas : 54 cm, lebar bawah : 42 cm, ketebalan samping : 3-5 cm, pembentukan komponen kaki kursi dengan desain kaki dibuat bulat, proses pengeringan dengan metode solar kiln, pembentukan komponen dudukan dengan panjang : 55 cm, lebar depan : 54 cm, lebar belakang : 42 cm, ketebalan samping : 4 cm, penggunaan kayu jati sebagai bahan baku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 10:04
Last Modified: 10 May 2016 10:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29494

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo