UMM Institutional Repository

ANALISIS KUALITAS KEMASAN PRODUK SARI APEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus Pe rusahaan Royal - Malang)

Da Silva, Sancho De Jesus (2012) ANALISIS KUALITAS KEMASAN PRODUK SARI APEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus Pe rusahaan Royal - Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sanchodeje-29941-2-babi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sanchodeje-29941-1-pendahul-n.pdf

Download (562kB) | Preview

Abstract

Dosen Pembimbing I : Ir. M. Lukman, MT. Dosen Pembimbing II : Shanty Kusuma Dewi, ST. MT. Perusahaan royal memproduksi sari apel dengan ukuran 120 ml dan 200 ml, pada ukuran 120 ml ini jumlah kecacatan produk yang melebihi batas toleransi perusahaan dimana rata - rata jumlah cacat yang dihasilkan sebanyak 6.5% sedangkan batas toleransinya tidak lebih dari 2.5%. Tujuan dari tugas akhir ini adalah menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya produk cacat pada Perusahaan Royal, menentukan cacat yang paling dominan dan memberikan usulan perbaikan untuk mengurangi jumlah produk cacat dengan menggunakan metode six sigma. Tahap-tahap penelitian ini meliputi pertama adalah tahap define yaitu pemilihan obyek penelitian, mengidentifikasi jenis cacat, dan flowchart proses produksi. Sedangkan pada tahap measure, menentukan produk yang kritis terhadap kualitas CTQ (Critical To Quality) dengan menggunakan diaram pareto, pengukuran level cacat dalam bentuk DPMO dan level sigma yang akan dijadikan landasan kinerja awal. Selanjutnya, pada tahap analyze menganalisis jenis cacat yang menjadi tumpuan utama masalah dalam upaya peningkatan kualitas dan faktor apa saja yang menjadi penyebab munculnya kecacatan dengan menggunakan fishbone diagram. Tahap selanjutnya adalah improve, dengan menggunakan failure mode and effect analysis (FMEA) untuk menentukan rekomendasi perencanaan tindakan perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai level sigma 3.35 dan CTQ adalah cacat kemasan bocor dan stiker tidak sesuai. Rekomendasi perbaikan yang diberikan pada tahapan improve, yaitu dilakukan rekomendasi berupa standar operating procedure (SOP) dan chek sheet untuk proses pengepresan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 09:52
Last Modified: 14 Mar 2018 04:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29491

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo