UMM Institutional Repository

ANALISA KELAYAKAN INVESTASI PENGEMBANGAN USAHA PENGGILINGAN GABAH ( Study Kasus : UD. Sumber Rejeki Rengel Tuban)

PRASTIO, TEGUH (2012) ANALISA KELAYAKAN INVESTASI PENGEMBANGAN USAHA PENGGILINGAN GABAH ( Study Kasus : UD. Sumber Rejeki Rengel Tuban). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--teguhprast-28135-2-babi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--teguhprast-28135-1-pendahul-n.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Dosen Pembimbing I : Teguh Baroto, ST. MT Dosen Pembimbing II : Nanang Fauzi, ST Pengambilan keputusan investasi untuk mengembangkan suatu usaha lama maupun mendirikan usaha baru membutuhkan dasar studi kelayakan untuk mendapatkan hasil (output) yang maksimal dan mengurangi resiko kegagalan yang mungkin terjadi. UD. Sumber Rejeki adalah salah satu penggilingan padi dengan kapasitas produksi rata-rata 5 ton beras per hari, yang ada di desa Bulurejo Kec. Rengel Kabupaten Tuban dengan jumlah tenaga kerja sejumlah 23 orang. Penggilingan padi (Rice Milling Unit) memiliki peran yang sangat penting dalam sistem agribisnis padi. Untuk melakukan kelayakan pengembangan usaha penggilingan padi di perlukan analisis aspek-aspek kelayakan pengembangan usaha yaitu : aspek pasar, aspek teknik, dan aspek finansial. Dengan tujuanya adalah untuk menilai apakah pengembangan yang akan dilakukan dinilai layak atau tidak untuk dijalankan. Setiap aspek untuk bisa dikatakan layak harus memiliki suatu standart nilai tertentu. Aspek-aspek yang dinilai dalam studi kelayakan usaha aspek pasar untuk melihat segmentasi pasar yang akan diambil, aspek teknik melakukan strategi mengenai kegiatan usaha penggilingan padi yang tepat, dan aspek finansial untuk menilai kelayakan investasi yang di tanamkan. Setelah menganalisa semua aspek yang ada dalam studi kelayakan yaitu meliputi analisa aspek pasar, aspek teknis dan aspek finansial maka penambahan mesin perusahaan penggilingan padi ini dinyatakan layak. Dari segi analisa pasar, berdasar ramalan permintaan pada tahun 2012 sebesar 1.896 ton dan diperkirakan jumlah permintaan akan bertambah pada tahun ke tahun. Serta dilihat dari data hasil forcasting dan data kapasitas pemenuhan demand maka didapatkan rata-rata jumlah demand yang tak terpenuhi per tahun sebesar 223 ton. Sehingga diperlukan penambahan fasilitas perusahaan untuk bisa memenuhi permintaan. Sehingga aspek pasar dikatakan layak untuk dilakukan investasi.Dari segi aspek teknis proyek yang dibangun dinyatakan layak secara teknis karena memenuhi kriteria kelayakan sebagai berikut : Mesin telah didapatkan dan tersedia, Tenaga kerja didapatkan dan tersedia, Sarana infrastruktur tersedia, seperti: Transportasi, listrik, Tempat halaman pengering padi, dan air. Serta Luas areal untuk pembangunan pabrik tersedia.Dari segi financial Dari perhitungan NPV diperoleh NPV sebesar Rp 757.875.714. IRR (Internal Rate of Return) yang diperoleh perusahaan 21,4% yang lebih dari MARR (Minimum Atractive Rate of Return) yang ditetapkan perusahaan sebesar 18%. Dan dari payback period nya terjadi payback period setelah 2 tahun 7 bulan 1 Minggu. nilai profitabilitas indeks (PI) sebesar 1,9. Nilai profitabilitas indeks yang dihasilkan lebih besar dari 1 (PI > 1). Sehinngga investasi dikatakan layak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 09:35
Last Modified: 10 May 2016 09:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29479

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo