UMM Institutional Repository

"PERANCANGAN STANDAR DAN PENILAIAN KINERJA BERDASARKAN HARD COMPETENCY PADA SISTEM KERJA OPERATOR MESIN SEAMER" (Studi Kasus PT. Rejo Mulyo Abadi Sidoarjo)

BUDI, ARIF SETIYA (2012) "PERANCANGAN STANDAR DAN PENILAIAN KINERJA BERDASARKAN HARD COMPETENCY PADA SISTEM KERJA OPERATOR MESIN SEAMER" (Studi Kasus PT. Rejo Mulyo Abadi Sidoarjo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dosen Pembimbing I : Teguh Baroto, ST, MT. Dosen Pembimbing II : Dra. Aniek Rumijati, MM. Mesin seamer merupakan mesin yang berfungsi untuk memasang antara komponen bottom maupun ring dengan body kaleng. Untuk mengoperasikan mesin seamer ini, beberapa operator merasa kesulitan, ditambah dengan kondisi bahwa operator yang mampu mengoperasikan mesin ini terbatas. Untuk itu, dilakukanlah upaya untuk mengurangi kesulitan yang dihadapi oleh operator, sehingga akan dapat berimplikasi terhadap produktivitas dan profit yang akan diterima oleh perusahaan. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal ini, yakni merancang suatu standar kerja dan melakukan penilaian kinerja untuk operator mesin seamer. Perancangan standar kinerja operator mesin seamer ini dibuat berdasarkan hard competency. Kemudian dari beberapa elemen kompetensi yang telah diindentifikasi, selanjutnya dijabarkan mengenai indikator - indikator apa saja yang harus dilakukan untuk meyesuaikan dengan elemen kompetensi yang ada, yang nantinya tertuang dalam kriteria unjuk kerja. Hasil dari kriteria unjuk kerja inilah yang akan dijadikan dasar penilaian kinerja untuk operator mesin seamer. Penilaian dilakukan untuk memberikan motivasi terhadap operator agar saat bekerja memberikan performa yang optimal sesuai dengan standar yang ada, tidak hanya itu hal ini akan dijadikan inputan untuk pihak manajeman dalam memberikan training maupun bonus kepada para operator yang dipilih. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan ada 4 elemen kompetensi yang seharusnya diperhatikan oleh operator mesin seamer diantaranya yakni, Melakukan prosedur kerja pada proses seaming, Mengoperasikan mesin seamer untuk pemasangan bottom, Mengoperasikan mesin seamer untuk pemasangan ring/top, dan Melakukan pemeriksaan hasil seaming. Kemudian dari elemen kompetensi tadi, diidentifikasi indikator apa saja yang dapat mempermudah pencapaian elemen kompetensi tadi, penjabaran inilah yang disebut dengan kriteria unjuk kerja. Penilaian kinerja yang telah dilakukan, diperoleh banyak operator yang masih memerlukan training untuk memaksimalkan kemampuannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 09:19
Last Modified: 14 Mar 2018 02:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29475

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo