UMM Institutional Repository

PEMANFAATAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENULIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA VISUAL "GAME POSTER"

MOH. RIFKI, (2012) PEMANFAATAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENULIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA VISUAL "GAME POSTER". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohrifki06-30827-2-babi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohrifki06-30827-1-pendahul-n.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Memberikan informasi dalam hal ini ada pelajaran bagi siswa merupakan suatu keharusan bagi seorang guru. Guru sejatinya adalah sumber utama dalam pembelajaran, kendatipun guru dapat dikatakan sumber informasi tidak akan berhenti untuk melakukan inovasi dalam mengembangkan model maupun metode pembelajaran. Selama ini pelajaran bahasa Indonesia masih dianggap sebagai pelajaran yang sengat membosankan, oleh karena itu dibutuhkan media penunjang pembelajaran yang menarik dan dapat memberikan kesan menyenagkan dalam belajar bahasa Indonesia. Bahkan bukan tidak mungkin akan menghapus paradigma siswa memandang pelajaran bahasa Indonesia. Pemanfaatan media visual "game poster" dalam pembelajaran bahasa Indonesia "menyusun karangan", diharapkan siswa lebih giat belajar dan menjadi lebih bertanggungjawab atas keberhasilan atas dirinya maupun kelompoknya. Menulis adalah kompetensi produktif bagi siswa dalam belajar bahasa Indonesia. Keaktifan menjadi hal utama yang diukur dari berbagai kemapuan yang salah satunya "menyusun karangan". Adapun permasalahan yang diteliti adalah: (1) Bagaimana pemanfaatan media visual pada pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis di kelas IV Sekolah Dasar? (2) Bagaimana hasil belajar belajar bahasa Indonesia pada materi menulis siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan memanfaatkan media visual? (3) Apa kendala pada saat penerapan media visual pada pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis di kelas IV Sekolah Dasar? Penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu metode deskriptif. Prosedur yang digunakan dalam upaya memberikan informasi melalui pemecahan permasalahan yang melewati berbagai tahapan adalah dengan tahapan action research yang dilakukan dengan konsep sederhana. Hasil penelitian ini berupa (1) Pelaksanaan pembelajaran menulis materi "menyusun karangan" dengan memanfaatkan media visual "game poster" di kelas IV SDN Mulyoagung II Kec. Dau Kab. Malang, (2) Hasil pembelajaran menulis materi "menyusu karangan" di kelas IV SDN Mulyoagung II Kec. Dau Kab. Malang dengan memanfaatkan media visual "game poster" adalah 30% siswa dinyatakan tuntas. Sedangkan setelah menggunakan 83% siswa dinyatakan tuntas dalam belajar. Berdasarkan pada KKM yang ditetapkan pada SDN Mulyoagung II kecamatan Dau kabupaten Malang, di mana ketuntasan klasikal bisa tercapai apabila siswa yang tuntas mencapai ≥ 75 % dari siswa keseluruhan. Dengan demikian pembelajaran menulis bahasa Indonesia materi "menyusun karangan" dengan memanfaatkan media visual "game poster" dikatakan mencapai ketuntasan dalam pembelaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 08:35
Last Modified: 19 Mar 2018 02:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29466

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo