UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGGUNAAN TUTURAN PERFORMATIF GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS XI SMA ISLAM BAITUROHMAH MALANG TAHUN AJARAN 2011/2012 Undergraduate Theses from JIPTUMMPP / 2013-02-14 15:45:38

RAHMAT, JAMILA NURANI (2012) ANALISIS PENGGUNAAN TUTURAN PERFORMATIF GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS XI SMA ISLAM BAITUROHMAH MALANG TAHUN AJARAN 2011/2012 Undergraduate Theses from JIPTUMMPP / 2013-02-14 15:45:38. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jamilanura-30997-2-babi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jamilanura-30997-1-pendahul-n.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Drs. Gigit Mujianto, M.Si (2) Dr. Ekarini Saraswati, M.Pd. Bahasa merupakan alat komunikasi yang efisien. Dalam dunia pendidikan bukan hanya keterampilan berbahasa yang dibutuhkan akan tetapi pemahaman akan keterampilan tersebut juga harus dipahami. Tuturan performatif sangat berperan penting dalam suatu proses pembelajaran. Hal ini dilakukan guna mamperlancar proses interaksi belajar mengajar karena, tuturan performatif merupakan salah satu media untuk menyampaikan ide dan gagasan. Tuturan performatif yang dituturkan oleh guru khususnya guru Bahasa Indonesia mencerminkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tuturan performatif menarik untuk dilakukan, karena dari hasil penelitian dapat dilihat efektivitas guru dalam proses pembelajaran di kelas. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan tuturan performatif guru dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia di kelas XI SMA Islam Baiturohmah Malang tahun ajaran 2011/2012. Secara khusus penelitin ini bertujuan untuk medeskripsikan bentuk, fungsi, makna, dan strategi tuturan performatif guru dalam interaksi belajar mengajar Bahasa Indonesia di kelas XI SMA Islam Baiturohmah Malang pada (1) kegiatan awal pembelajaran, (2) kegiatan inti pembelajaran, (3) kegiatan akhir pembelajaran. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek yang diterapkan dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI. Teknik pengumpulan data dibagi menjadi dua yakni tahap pengumpulan data dan tahap pengolahan data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tuturan guru Bahasa Indonesia kelas XI SMA Islam Baiturohmah Malang tahun ajaran 2011/2012 pada awal pembelajaran paling sering menggunakan tuturan performatif bentuk imperatif, dengan fungsi tutur kolaboratif, bermakna tutur direktif, dan strategi tutur negatif. Pada kegiatan inti pembelajaran tuturan performatif yang digunakan guru adalah bentuk interogatif, dengan fungsi kompetitif, bermakna direktif, dan strategi tutur negatif, sedangakan pada kegiatan akhir pembelajaran guru menggunakan tuturan performatif dengan bentuk interogatif, dengan fungsi tutur kolaboratif, bermakna direktif, dan strategi tutur negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 08:33
Last Modified: 10 May 2016 08:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29465

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo