UMM Institutional Repository

GEOGRAFI DIALEK BAHASA MADURA DI KECAMATAN RUBARU KABUPATEN SUMENEP

Hakim, Lukmanul (2013) GEOGRAFI DIALEK BAHASA MADURA DI KECAMATAN RUBARU KABUPATEN SUMENEP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lukmanulha-31038-2-bab1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lukmanulha-31038-1-pendahul-n.pdf

Download (562kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Drs. Sudjalil, M.Si, M.Pd, (2) Drs. H. Fauzan, M.Pd Kecamatan Rubaru merupakan salah daerah yang berada di pulau Madura, walaupun dalam satu daerah dialek yang digunakan desa satu dengan desa yang lainnya sangat berbeda, sehingga membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Perbedaan dialek tersebut dapat dilihat dari kosa kata, fonologi, dan morfologinya hal ini mempunyai kekhasan sehingga sangat menarik untuk dilakukan penelitian. Permasalahan ini saya bahas berdasarkan teori dialek dan geografi dialek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode dekriptif. Data dalam penelitian ini adalah kosa kata bahasa Madura yang dituturkan oleh masyarakat di daerah kecamatan Rubaru. Data tersebut saya peroleh dengan teknik observasi dan wawancara, dengan teknik tersebut maka akan diperoleh data yang akurat tentang perbedaan dialek dibeberapa desa di Kecamatan rubaru. Dari analisis yang telah saya lakukan, dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan atau persamaan antara dialek dari desa yang satu dengan desa yang lainnya. Perbedaan atau persamaan tersebut terlihat pada kosa kata, fonologi, dan morfologinya. Dalam bidang kosa kata, perbedaan tersebut dapat diartikan kekhasan dialek yang berada di Kecamatan Rubaru, sedangkan dalam bidang fonologi terdapat pula kekhasan yang terkadang penambahan konsonan dan perubahan vokal. Di bidang morfologi terdapat juga perbedaan dialek dari desa yang satu dengan yang lainnya. Hal ini dibuktikan oleh adanya unsur-unsur bahasa Madura yang penyebarannya cukup luas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 08:32
Last Modified: 10 May 2016 08:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29464

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo