UMM Institutional Repository

KEUTUHAN STRUKTUR WACANA OPINI DALAM MEDIA MASSA CETAK KOMPAS EDISI BULAN MARET 2012

SUSANTO, FERDINA EKO (2012) KEUTUHAN STRUKTUR WACANA OPINI DALAM MEDIA MASSA CETAK KOMPAS EDISI BULAN MARET 2012. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ferdinaeko-29335-2-babi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ferdinaeko-29335-1-pendahul-n.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Drs. Joko Asihono (2) Drs. Fauzan, M.Pd Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Sumber data penelitian ini adalah media massa cetak Kompas, khususnya yang memuat opini tentang kasus kenaikan harga BBM pada bulan Maret 2012. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tabel-tabel sistematika data hasil analisis. Hasil penelitian ini adalah deskripsi bentuk piranti kohesi dan koherensi yang digunakan dalam wacana opini media massa cetak. Bentuk piranti kohesi dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu kohesi antarkalimat dan kohesi antarparagraf. Piranti kohesi gramatikal yang ditemukan penggunaannya dalam media massa cetak Kompas adalah referensi, elipsis, subtitusi dan konjungsi. Wujud penggunaan referensi anafora dalam kalimat dapat ditandai dengan kata “mereka” yang mengacu pada kalimat sebelumnya. Penggunaan elipsis ditandai dengan adanya penghilangan kata untuk kepraktisan bahasa. Penggunaan subtitusi ditandai dengan adanya penggantian unsur bahasa oleh unsur lain dalam satuan yang lebih besar. Wujud penggunaan konjungsi dalam kalimat yaitu pada kata “akan tetapi” untuk konjungsi adversatif, kata “kemudian” untuk konjungsi temporal, kata “meski” untuk konjungsi subordinatif, dan kata “apalagi” untuk konjungsi korelatif. Untuk piranti kohesi leksikal ditemukan penggunaan repetisi, kolokasi, hiponim, antonim dan sinonim. Alat kepaduan yang paling dominan dalam mempersatukan wacana ditunjukkan oleh tipe kepaduan repetisi. Struktur koherensi juga dikategotikan menjadi dua kelompok, yaitu koherensi antarkalimat dan antarparagraf. Struktur koherensi yang ditemukan dalam wacana opini media massa cetak Kompas meliputi hubungan sebab-akibat, hubungan misalan-contoh, hubungan amplikatif dan hubungan penambahan. Wujud penggunaan hubungan sebab-akibat dapat ditandai dengan kata “akibatnya”. Wujud penggunaan hubungan amplikatif dapat dilakukan dengan menambahkan contoh untuk memperkuat pernyataan kalimat sebelumnya. Hubungan makna penambahan dapat ditandai dengan kata “selain itu”. Hubungan misalan-contoh dapat ditandai dengan kata “misalnya, umpamanya”. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran peneliti bagi para guru bahasa Indonesia diharapkan dapat mencermati hasil penelitian untuk memperoleh masukan materi bahan ajar untuk memperkaya pengetahuan siswa dan meningkatkan keterampilan berbahasa siswa sesuai kaidah bahasa, khususnya yang berkaitan dengan bidang analisis wacana (kohesi dan koherensi) dan bagi mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi untuk menyelesaikan tugas kuliah yang terkait dengan bidang analisis wacana, khususnya tentang kohesi dan koherensi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 08:28
Last Modified: 10 May 2016 08:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29459

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo