UMM Institutional Repository

MEKANISME KINERJA KEPEMIMPINAN LOKAL PADA MASYARAKAT DESA PADANG BANDUNG KABUPATEN GRESIK (Studi Kepemimpinan Kepala Desa Padang Bandung)

Nasharuddin, Alfin (2012) MEKANISME KINERJA KEPEMIMPINAN LOKAL PADA MASYARAKAT DESA PADANG BANDUNG KABUPATEN GRESIK (Studi Kepemimpinan Kepala Desa Padang Bandung). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alfinnasha-29988-1-pendahul-n.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alfinnasha-29988-2-bab1.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarblakangi untuk mengkaji lebih mendalam tentang mekanisme kinerja kepemimpinan lokal di Desa Padang Bandung Kabupaten Gresik. Desa Padang Bandung merupakan wilayah yang memiliki potensi dalam bidang pertanian. Pokok pembahasan dalam penelitian ini adalah bagimana mekanisme kinerja yang dilakukan Kepala Desa Padang Bandung untuk mengembangkan potensi yang telah tersedia untuk pembangunan dan kemajuan Desa Padang Bandung, baik dari bidang Ekonomi, Agama, Sosial Budaya hingga Pendidikan masyarakatnya. Jenis dan tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan subyek penelitian. Dimana subyek penelitian dalam penelitian ini antara lain Kepala Desa, Aparatur Pemerintah Desa, BPD Desa, LSM dan masyarakat Desa Padang Bandung. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh data sebagai berikut : Desa Padang bandung merupakan wilayah yang memiliki sumber daya alam yang sangat berpotensi, lahan tambak 121,4 Ha, pertanian (sawah) 93 Ha dan perkebunan 16 Ha. Mata pencaharian masyarakat didominasi oleh petani dengan prosentase 61,9% . penghasilan masyarakat juga didapat dari hasil pertanian dan perkebunan yaitu padi dan buah-buahan, potensi terbaik adalah padi. Dengan potensi yang baik dalam bidang tersebut diperlukan sosok pemimpin yang mampu dan dapat membangun kehidupan masyarakatnya menjadi lebih baik. Mekanisme kinerja kepala desa Padang Bandung memiliki hubungan yang sangat erta dengan perangkat desa dengan sistem relasi kekeluargaan, begitupun dengan hubungannya terhadap BPD (Badan Permusyawaratan Desa), relasi antar keduanya berjalan dengan baik walaupun ada sedikit permasalahan, relasi dengan masyarakat juga dijaga dengan baik oleh kepala desa sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Desa Padang Bandung. Kendala yang dihadapi dalam mekanisme kinerja kepemimpinan kepala desa Padang Bandung terdapat pada bidang ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan kesehatan. Dari apa yang terjadi dilapangan mengidentifikasikan bahwa mekanisme kinerja kepala desa dapat dikatakan berjalan dengan baik dengan kemajuan yang dirasakan dan perubahan yang ada di desa, selain itu keadaan juga dapat dilihat dari hubungan antara kepala desa dengan perangkat desa, BPD dan masyarakat yang terjalin dengan sangat baik, walaupun ada beberapa permasalahan antara kepala desa dengan BPD atau dengan masyarakat. Oleh karena itu dalam mekanisme kinerja kepemimpinan kepala desa Padang Bandung perlu ditingkatkan hubungan kekeluargaan yang erat antara kepala desa dengan perangkat serta masyarakat. Agar dikedepannya dapat mengetahui aspirasi masyarakat serta bekerjasama dengan segenap elemen masyarakat untuk membangun Desa Padang Bandung menjadi maju dan lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 10 May 2016 08:22
Last Modified: 10 May 2016 08:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29450

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo