UMM Institutional Repository

ANALISIS KESALAHAN AFIKSASI PADA TUGAS AKHIR MAHASISWA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG TAHUN 2011

Mawaddati, Rohmi (2012) ANALISIS KESALAHAN AFIKSASI PADA TUGAS AKHIR MAHASISWA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG TAHUN 2011. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rohmimawad-29350-2-babi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rohmimawad-29350-1-pendahul-n.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap bahasa Indonesia diduga karena tidak memiliki sikap bahasa yang positif terhadap rasa setia, bangga memiliki, dan memelihara bahasa Indonesia masih kurang. Indikasi ini bisa terlihat, antara lain mahasiswa yang sering memilih bahasa asing dalam pengungkapan maksudnya walaupun dalam bahasa Indonesia sudah ada padanan katanya. Berdasarkan alasan di atas, peneliti perlu melakukan penelitian tentang “Analisis Kesalahan Afiksasi pada Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Tahun 2011 Universitas Muhammadiyah Malang”. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan: (1) bagaimanakah bentuk kesalahan prefiks pada tugas akhir mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011, (2) bagaimanakah bentuk kesalahan sufiks pada tugas akhir mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011 dan (3) bagaimanakah bentuk kesalahan konfiks pada tugas akhir mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi objektif tentang kesalahan afiksasi yang mencakup kesalahan berikut ini : (1) Kesalahan afiksasi dengan bentuk prefiks pada tugas akhir mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011, (2) Kesalahan afiksasi dengan bentuk sufiks pada tugas akhir mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011, dan (3) Kesalahan afiksasi dengan bentuk konfiks pada tugas akhir mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011. Berdasarkan analisis yang dilakukan peneliti, hasil pengolahan data sebagai berikut: (1) wujud kesalahan prefiks {di-} dan {meN-} yang mengalami perubahan bentuk menjadi {mem-}, {men-}, {me-}, {meny-}, dan {meng-}; (2) wujud kesalahan sufiks berupa {-an} dan {-kan}; (3) wujud kesalahan konfiks berupa {meN-kan}, {me-i}, {ber-an}, {per-an}. Kesalahan tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman tentang afiksasi baik afiksasi dalam bentuk 1) prefiks {mem-}, prefiks {me-}, prefiks {meng-}, prefiks {meny-}, prefiks {men-}; 2) sufiks {–an} dan {–kan}; 3) konfiks {meN-kan}, konfiks {me-i}, konfiks {ber-an} dan konfiks {per-an}.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 08:20
Last Modified: 10 May 2016 08:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29449

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo