UMM Institutional Repository

UPAYA DINAS PERTANAHAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DIBIDANG PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH (Studi Dinas Pertanahan Kabupaten Lombok Timur)

ZULFA, AGUSTINO (2012) UPAYA DINAS PERTANAHAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DIBIDANG PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH (Studi Dinas Pertanahan Kabupaten Lombok Timur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agustinozu-29989-1-pendahul-n.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agustinozu-29989-2-babi.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Masalah utama yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Upaya Dinas Pertanahan Kabupaten Lombok Timur dalam memberikan pelayanan kepada masyrakat dibidang sertifikat tanah. Secara lebih eksplisit penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pendaftaran tanah dalam rangka sertifikasi tanah didinas Pertanahan Daerah Kabupaten Lombok Timur. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala seksi dan pendaftaran tanah, petugas pelaksana pendfataran tanah, petugas pembuat sertifikat tanah serta pihak-pihak yang mengetahui masalah pensertifikatan tanah. Sedangkan yang menjadi obyek penelitian ini adalah upaya dinas pertanahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dibidang proses pembuatan sertifikat tanah yang meliputi : pelayanan administrasi, kemempuan menejerial, dari pelaksanaan kegiatan pendaftaran tanah. Sedangkan data yang diperoleh yaitu dari studi lapangan dengan mengguanakan tehnik wawancara, pengamatan dan documenter. Untuk menganalisis data digunakan metode kualitatif. Metode ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji atau membuat prediksi, tetapi memaparkan tentang kegiatan pendaftaran tanah dan mengusahakan suatu pemecahan masalah yang berkaitan dengan masyarakat dalam proses pembuatan sertifikat tanah. Hasil analisis menunjukan bahwa upaya yang dilakukan pemerintah dalam kegiatan pembuatan sertifikat tanah masih kurang efektif. Hal ini dapat kita lihat dengan tanggapan masyarakat yang masih menganggap bahwa proses atau prosedur pembuatan sertifikat tanah masih memerlukan waktu yang lama dan biaya banyak serta banyaknya sertifikat yang dihasilkan. Dari tahun ketahun menunjukkan bahwa banyaknya bidang tanah yang sudah didaftarkan dan memperoleh sertifikat hanya sedikit mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 10 May 2016 08:20
Last Modified: 10 May 2016 08:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29448

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo