UMM Institutional Repository

PROFIL PEMILIH LOYAL PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN PADA PEMILU TAHUN 2004 DAN PEMILU TAHUN 2009

Ariningtyas, Kartika Ayu (2012) PROFIL PEMILIH LOYAL PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN PADA PEMILU TAHUN 2004 DAN PEMILU TAHUN 2009. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kartikaayu-29995-1-pendahul-n.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kartikaayu-29995-2-babi.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mampu menjadi pemenang dalam pemilu tahun 2004 dan pemilu tahun 2009 di Kota Batu. Dalam dua kali penyelenggaraan pemilu tersebut PDI – Perjuangan mampu menjadi pemenang dan mampu mempertahankan perolehan kursi DPRD Kota Batu yaitu sejumlah lima ( 5 ) kursi dalam dua kali pemilu tersebut. Hal ini tidak lepas dari pemilih loyal PDI – Perjuangan Kota Batu yang tetap setia memilih PDI – Perjuangan dalam Pemilu tahun 2004 dan Pemilu 2009. Walaupun pada saat itu PDI – Perjuangan dalam tingkat nasional mengalami kemrosotan perolehan suara, namun di Kota Batu PDI – Perjuangan mampu bertahan menjadi pemenang. Dengan memperhatikan latar belakang diatas maka peneliti tertarik unutk mengangkat judul “ Profil Pemilih Loyal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Pada Pemilu Tahun 2004 dan Pemilu Tahun 2009 (Studi Di Kota Batu)”. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: Observasi dan wawancara serta dokumentasi. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahanya, data dianalisis dengan cara penyajian data sekaligus dianalisis dan penarikan kesimpulan. Dari data yang diperoleh bahwa hasil penelitian, profil pemilih PDI – Perjuangan ditinjau dari : Pertama, latar belakang sosial adalah pemilih loyal PDI – Perjuangan bekerja pada sektor non-formal sperti: petani, buruh tani, pedagang, tukan ojek. Supir angkot, kuli bangunan dan masih banyak lagi. Kedua, ditinjau dari Latar belakang organisasi, pemilih loyal PDI – Perjuangan tidak memiliki latar belakang organisasi yang mumpuni. Mereka hanya mngikuti organisasi nonformal dan perkumpulan – perkumpulan yang ada di desa masing – masing. Ketiga ditinjau dari tingkat pendidikan, tingkat pendidikan pamilih loyal PDI – Perjuangan sebagian besar berpendidikan rendah, bahkan ada yang tidak mengenyam bangku pendidikan. Keempat ditinjau dari strata sosial, dilihat dari strata ekonomi pemilih Loyal PDI – Perjuangan termasuk dalam strata sosial menengah ke bawah dengan pendidikan yang rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 10 May 2016 08:18
Last Modified: 10 May 2016 08:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29445

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo