UMM Institutional Repository

KONFLIK KEPENTINGAN DALAM PENYUSUNAN APBDES TAHUN 2011 ( STUDI DI DESA NANGANESA KABUPATEN ENDE)

Mansyur, Suhardin (2012) KONFLIK KEPENTINGAN DALAM PENYUSUNAN APBDES TAHUN 2011 ( STUDI DI DESA NANGANESA KABUPATEN ENDE). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suhardinma-30032-1-pendahul-n.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suhardinma-30032-2-babi.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Kebijakan otonomi daerah di Indonesia telah membawa perubahan yang sangat mendasar terhadap hubungan Pemerintah pusat dan daerah. Perubahan tersebut terjadi hingga di tingkat desa sama halnya di desa Nanganesa Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. Pelaksanaan otonomi desa ini mendorong pemerintah desa untuk lebih mandiri dalam mengatur dan mengurus Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Proses penyusunan APBDes Nanganesa dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Ende Nomor 5 Tahun 2007 tentang pedoman Penyusunan dan Penetapan APBDes maka sudah menjadi kewajiban aparatur desa untuk melaksanakan proses penyusunan APBDes Nanganesa. Dan dalam proses tersebut melibatkan semua pemangku kekuasaan (stakeholder) baik Badan Permusyawaratan Desa, organisasi masyarakat desa hingga tokoh masyarakat sehingga mengakibatkan banyak kepentingan yang di bawa karena APBDes menjadi hal penting dan bersifat politis dalam pembiayaan pembangunan di masing- masing dusun. Dan semua pihak yang berkepentingan akan berjuang dengan keras untuk mendapatkan prioritas pembangunan. Sehingga peneliti ingin mengetahui sejauhmana konflik tersebut berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif. Adapun lokasi yang dimaksud dalam penelitian ini yakni di desa Nanganesa Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, merupakan teknik analisis data yang digunakan untuk menafsirkan data dan menginterpretasikan data yang di dapat dari wawancara, dokumentasi dan observasi. Dari data yang diperoleh dari hasil penelitian, konflik berlangsung dalam setiap tahapan penyusunan APBDes Nanganesa, yakni mulai dari tahapan penerimaan masukan dalam RAPBDes hingga tahap pembahasan RAPBDes. Dan dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa konflik yang terjadi dalam penyusunan APBDes dapat digolongkan menjadi dua jenis konflik, yakni konflik vertikal dan konflik horizontal. Konflik vertikal terjadi antara kepala desa dan sekretaris desa, Ketua BPD dan anggotanya serta konflik kepala desa dan masyarakat desa terkait pungutan pendapatan desa. Konflik horizontal, yakni terjadi antar anggota BPD sebagai perwakilan dari dusun- dusun, konflik antara kepala desa dan BPD serta konflik antara kepala desa dan pemerintahan kabupaten Ende. Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Nanganesa Kecamatan Ndona Kabupaten Ende dalam proses penyusunan APBDES merupakan sebuah agenda yang sangatlah rumit dan perlu adanya kerjasama antar perangkat desa dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta segenap lapisan masyarakat. Masyarakat desa harus mampu mengawasi semua tahapan dalam penyusunan APBDES serta ikut aktif di dalamnya. Dalam tahap usulan program, masyarakat harus menyampaikan usulan prioritas serta mendesak. Pada tahap pembahasan RAPBDses masyarakat harus memilki daya tawar yang tangguh. Dan pada saat realisasi program, masyarakat harus secara teliti mengawasinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 10 May 2016 08:15
Last Modified: 10 May 2016 08:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29441

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo