UMM Institutional Repository

RELASI GENDER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL TIRAI MENURUN KARYA NH. DINI

Ernawati, Eva Yulia (2012) RELASI GENDER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL TIRAI MENURUN KARYA NH. DINI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-evayuliaer-29565-2-babi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-evayuliaer-29565-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Dra. Tuti Kusniarti, M.Si., M.Pd. (2) Drs. Sudjalil, M.Si., M.Pd. Penelitian tentang relasi gender ini dilakukan karena adanya suatu ketimpangan yang dialami oleh tokoh utama yang merasa sudah dinilai tidak adil dalam suatu pekerjaan (cita-cita). Relasi gender ini dimaksudkan agar adanya kesetaraan gender baik dari kedudukan, peran dan status sosial yang tidak merubah kodrat seorang perempuan baik dari ranah domestik dan publik. Dari pernyataan tersebut dapat memberikan inspirasi kepada peneliti untuk melakukan penelitian mengenai relasi gender. Adapun permasalahan yang ingin diteliti adalah (1) Bagaimana bentuk relasi gender tokoh utama dengan tokoh lain dalam novel Tirai Menurun Karya NH. Dini?(2) Bagaimana dampak relasi gender tokoh utama dengan tokoh lain dalam novel Tirai Menurun Karya NH. Dini? Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Pendekatan sosiologi sastra digunakan untuk membantu memahami gender, status peran dan wacana sosial dan lebih menekankan pada analisis gender untuk memahami terjadinya ketimpangan sosial yang disebabkan oleh aspek gender. Adapun sumber datanya adalah novel yang berjudul Tirai Menurun Karya NH. Dini. Wujud datanya berupa rangkaian paragraf, uraian cerita, bagian kalimat, dialog dan monolog yang berkaitan dengan permasalahan penelitian.. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan di dalam novel Tirai Menurun, Sumirat dan Kedasih berada dalam posisi yang membingungkan baginya karena antara keinginan dan ketidaksetujuan dari orang tuanya menyebabkan dia memberanikan diri untuk mengikuti keinginannya. Selain itu, penelitian tersebut terdapat bentuk relasi gender yang dapat menghubungkan relasi antara tokoh utama dengan tokoh lain. Adapula dampak relasi gender yaitu dampak psikologis dan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 08:14
Last Modified: 10 May 2016 08:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29440

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo