UMM Institutional Repository

PERANAN LSM DALAM MENUNJANG GOOD GOVERNANCE DI KOTA MALANG (STUDY PADA MALANG CORRUPTION WATCH / MCW)

MUHAJIRIN, (2012) PERANAN LSM DALAM MENUNJANG GOOD GOVERNANCE DI KOTA MALANG (STUDY PADA MALANG CORRUPTION WATCH / MCW). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhajirin0-29208-1-pendahul-n.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhajirin0-29208-2-babi.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Seperti yang kita ketahuai sistem yang dianut oleh pemerintahan kita saat ini adalah sistem otonomi daerah, yang dimana sistem otonomi daerah ini adalah setiap daerah diberikan wewenang untuk mengurus dan mengatur daerahnya sendiri sesuai kondisi daerah tesebut, dalam hal ini pemerintah pusat mempercayakan sistem pemerintah di daerah kepada pimpinan daerah masing-masing. Agar terciptanya kemakmuran pada masyarakat daerah maka di perlukannya tata kelola pemerintah yang baik (Good Governace), Governance mengandung makna bagaimana cara suatu bangsa mendistribusikan kekuasaan dan mengelola sumberdaya dan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat. Oleh sebab itu Good governance memiliki peran dalam meningkatkan efektivitas pelaksanaan pemerintah di Indonesia. Menurut Bob Sugeng Hadiwinata, asumsi dasar Good Governance haruslah menciptakan sinergis antar sektor pemerintah (menyediakan perangkat aturan dan kebijakan), sektor bisnis (menggerakkan roda perekonomian), dan sektor Civil Society (aktivitas swadaya guna mengembangkan produktifitas ekonomi, efektifitas, dan efisiensi). Salah satu penghambat terciptanya Good Governance di Indonesia khsusnya daerah malang adalah dikarenakan masih banyaknya praktek korupsi pada tataran pemerintah kota Malang, dikarenakan jauhnya pantauan pemerintah pusat kepada daerah, maka diperlukan peran masyarakat maupun LSM untuk ikut serta dalam mengawasi kinerja dari pemerintah khusunya pemerintahan kota Malang. Salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang kemudian berperan sebagai civil society dan bersinergi dengan masyarakat luas adalah Lembaga Anti Korupsi yang berada di Kota Malang, Malang Corruption Watch (MCW) yang merupakan objek penelitian yang penulis teliti. Dan metode yang digunakan peneliti untuk mengetahui apa saja yang dilakukan MCW dalam hal pemberantasan korupsi sehingga diharapkan terciptanya tata pemerintah yang baik (Good Governance) di Kota Malang adalah menggunakan metode deskriptif dengan alasan agar dapat menggali informasi yang mendalam mengenai objek yang diteliti. Penulis melihat keseriusan dari lembaga ini dalam upayanya untuk melakukan pemberantasan korupsi yang ada di Indonesia, Khususnya daerah Malang-Raya. ini terbukti dengan agenda MCW dalam menunjang Good governance di Kota Malang yaitu: Pemberantasan Korupsi, Mewujudkan Pelayanan Publik yang baik (Public Good Service), Mewujudkan Kebijakan APBD Pro Rakyat, dan Mewujudkan Pemerintahan Akuntabel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 10 May 2016 08:13
Last Modified: 10 May 2016 08:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29439

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo