UMM Institutional Repository

PERAN PECALANG DALAM MENDUKUNG KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TERKAIT MENJAGA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT (Studi di Kabupaten Buleleng Propinsi Bali)

Herman, Muhammad (2012) PERAN PECALANG DALAM MENDUKUNG KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TERKAIT MENJAGA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT (Studi di Kabupaten Buleleng Propinsi Bali). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadhe-29211-2-babi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadhe-29211-1-pendahul-n.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pecalang menjadi pusat kajian yang tepat untuk membahas peran pecalang dalam penyelenggaraan kebijakan pemerintah dalam mendukung ketertiban dan keamanan umum atau desa pakraman, sehingga memberikan kontribusi dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Buleleng yang sejahtera dan dapat menjadikan tolak ukur tingkat keamanan dan ketertiban dalam mewujudkan Bali yang aman dan damai (ajeg bali). Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Buleleng. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data primer dan data skunder yang diperoleh. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik pengelolahan data kualitatif dengan reduksi data, displai data, dan penarikan kesimpulan. Peran pecalang dalam penyelenggaraan kebijakan pemerintahan dalam mendukung ketertiban dan keamanan umum atau desa pakraman. Alhasil Aturan desa adat tersebut berlaku bagi semua lapisan masyarakat baik itu kepada warga biasa,pecalang dan ketua adat, sanksinya dapat berupa pembinaan sampai pemberhentian sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan dan hasil dari musyawarah. Pada hakekatnya, sanksi yang berlaku pada masyarakat adat tidak tegas dilaksanakan terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran, khususnya pelanggaran terhadap aturan adat. hal ini menuntut tumbuhnya kesatuan masyarakat adat untuk tidak melakukan pelanggaran dan tumbuh dari dalam diri masing-masing masyarakat. Pemerintah perlu melakukan penegakan hukum dan pemberian sanksi yang tegas terhadap pecalang yang melanggar tugas yang diberikan pemerintah, seperti: pecalang yang melakukan tidak kekerasan terhadap masyarakat, Pecalang lebih memperketat penjagaan di tempat-tempat pintu gerbang menuju Pulau Bali, dengan mengadakan pemeriksaan identitas terhadap para pengunjung dan wisatawan yang datang ke Bali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 10 May 2016 08:09
Last Modified: 10 May 2016 08:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29434

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo