UMM Institutional Repository

ANALISIS KONFLIK EKSTERNAL TOKOH DALAM NOVEL GADIS PANTAI KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER

Rossika, Cicis Miga (2012) ANALISIS KONFLIK EKSTERNAL TOKOH DALAM NOVEL GADIS PANTAI KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-cicismigar-29568-2-babi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-cicismigar-29568-1-pendahal-n.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Dra. Tuti Kusniarti, M.Si. M.Pd. (2) Dr. Sugiarti, M.Si. Konflik menjadikan hidup yang dijalani setiap manusia menjadi lebih sempurna dengan segalaproblematika yang bisa ditimbulkannya. Konflik menjadikan hidup lebih berwarna. Seseorang pasti akan merasa hampa jika selama hidupnya hanya merasakan kebahagiaan. Begitu pun sebaliknya, seseorang lainnya pun akan merasa bosan jika terus menerus menderita.Sama halnya posisi konflik dalam kehidupan, di dalam karya sastra pun konflik menjadi nyawa yang menentukan hidup matinya sebuah karya sastra. Semakin banyak konflik yang terkandung dalam karya sastra semakin bagus pula apresiasi terhadap karya tersebut. Konflik dalam sebuah karya sastra tidak jauh dari kehidupan nyata, Karena karya sastra adalah bentuk refleksi dari kehidupan. Salah satunya novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer. Penelitian ini merupakan Analisis Konflik Eksternal Tokoh dalam Novel Karya Pramoedya Ananta Toer. Permasalahan yang diteliti adalah (1)Bagaimanakah konflik fisik yang dialami tokoh dalam novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer? (2) Bagaimanakah konflik sosial yang dialami tokoh dalam novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konflik yang dialami tokoh dalam novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji Konflik Sosial Tokoh Utama Perempuan dalam Novel Gadis Pantai Pramoedya Ananta Toer adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan sosiologi. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi, tabel analisis data, teknik menganalisis data. Prosedur yang ditempuh dalam penelitian ini yaitu, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian berupa konflik ekternal yang di bagi menjadi dua kategori yaitu: (1) Konflik fisik yang dialami tokoh dalam novel Gadis Pantai, yaitu terdiri dari tiga aspek; a) konflik fisik antara manusia dengan manusia dengan manusia, b) konflik fisik anatara manusia dengan masyarakat, c) konflik fisik antara manusia dengan alam sekitar. (2) Konflik sosial yang dialami tokoh dalam novel Gadis Pantai, yaitu terdiri dari tiga aspek; a) konflik sosial antara manusia dengan manusia, b) konflik fisik antara manusia dengan masyarakat, c) konflik fisik antara manusia dengan alam sekitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 08:09
Last Modified: 10 May 2016 08:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29432

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo