UMM Institutional Repository

PROSES PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA BUNCU KABUPATEN BIMA (Study Tentang Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa Buncu)

MULYANA, (2012) PROSES PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA BUNCU KABUPATEN BIMA (Study Tentang Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa Buncu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mulyana082-29213-1-pendahul-n.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mulyana082-29213-2-bab1.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Carut marut politik terus bergulir berhadapan dengan berbagai dinamika politik yang terjadi, dimana Pertarungan memperebutkan kekuasaan adalah hal yang lumrah terjadi. kemampuan individual calon dan peranan tokoh yang tampil di daerah pemilihan merupakan point tersendiri dalam menentukan figur-figur yang akan ditawarkan kepada para penentu pemimpin (masyarakat). Banyak kecurangan-kecurangan dalam pemilihan dan terjadi manipulasi dari hasil politik, bukan hal yang baru jika banyak kasus kecurangan dalam suatu proses politik. Berbagai visi dan misi para kandidat menawarkan kepada masyarakat dengan iming-iming pembaharuan fisik desa, seperti perbaikan jalan, kesehatan gratis dan lain sebagainya. Proses pemilihan diartikan sebagai ajang untuk mendapatkan kekuasaan politik, merebut kedudukan politik, dan mempertahankannya. Kemudian bagaimana untuk mendapatkan kekuasaan itu di peroleh. Tentu untuk mendapatkan legitimasi kekuasaan adalah dengan cara pemilihan langsung berdasarkan konstitusional artinya ada undang-undang yang mengatur tentang hal ini. Dalam hal ini masyarakat secara bebas membuka komunikasi antar dua pihak yaitu masyarakat dengan para pejabat. Inilah realitas politik kita, Politik dengan segala permainannya melahirkan beranekaragam perilaku serta menampilkan wajah yang berbeda-beda. Pemilihan Kepala Desa secara langsung memperoleh nilai signifikan dalam pembangunan demokrasi yang sehat dan dinamis "Demokrasi yang sehat harus dipahami sebagai sebuah proses menuju masyarakat yang cerdas, mandiri dan bermartabat. Salah satu bentuk dari demokrasi di tingkat desa yaitu pemilihan Kepala Desa yang merupakan wujud dari pelaksanaan demokrasi langsung. Dalam Pilkades Desa Buncu Kabupaten Bima, pemilih sebanyak 2.667 jiwa. Jumlah tersebut sudah ditetapkan oleh panitia selah melakukan verifikasi data pemilih tetap. Tidak akan ada bertambah dan berkurang setelah diverifikasi menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Pendataan pemilih tersebut dilakukan disetiap RT dan RW. Petugas yang bertanggung jawab atas itu diterjunkan langsung ke lapangan diharapkan melaporkan data yang akurat. Sehingga setelah diverifikasi nanti, tidak muncul persoalan baru. Dalam pelaksanaannya terdapat enam pendaftar bakal calon, namun setelah dilakukan verifikasi kelengkapan administrasi calon, yang dinyatakan lolos hanya tiga orang. Tidak hanya itu, praktek-praktek politik yang terjadi selama ini tetap saja diwarnai pelanggaran baik yang dilakukan oleh panitia sendiri hingga pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat. Meskipun saat ini sudah memasuki era Reformasi yang katanya akan membawa perubahan, namun rasa-rasanya akan sulit untuk mengubahnya. Pasalnya, pengalaman telah membuktikan bahwa praktek politik seperti politik uang dan perjudian masal atau bahkan tawuran terlihat semakin transparan dalam kehidupan politik. Praktek politik seakan sebagai sebuah sandiwara, sebuah hiburan dan sebagai bumbu penyedap yang menawarkan rasa yang berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 10 May 2016 08:07
Last Modified: 10 May 2016 08:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29431

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo