UMM Institutional Repository

ANALISIS NILAI KEISLAMAN DALAM TEKS PANOENTOEN KAMOELJANNING BOTJAH WADON KARYA RADEN WIRAWANGSA SEBAGAI ALTENATIF SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI M A JURUSAN BAHASA (Sebuah Tinjauan Filologi)

Kholillah, Siti (2012) ANALISIS NILAI KEISLAMAN DALAM TEKS PANOENTOEN KAMOELJANNING BOTJAH WADON KARYA RADEN WIRAWANGSA SEBAGAI ALTENATIF SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI M A JURUSAN BAHASA (Sebuah Tinjauan Filologi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitikholil-28933-1-pendahul-n.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitikholil-28933-2-babi.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Dr. Arif Budi Wuriyanto, M. Si (2) Purwati Anggraini, M. Hum Kebudayaan terbentuk sebagai hasil sintesis dari pengalaman-pengalaman masa lalu. Oleh sebab itu, untuk memahami kebudayaan suatu bangsa dengan baik, informasi-informasi dari masa lalu mutlak diperlukan. Informasi-informasi tersebut dapat diperoleh melalui beberapa hal yang masih tersisa dari masa lalu, seperti cerita lisan dan tulisan-tulisan. Salah satu sumber warisan budaya itu adalah naskah Panoentoen Kamoeljanning Botjah yang di dalamnya terdapat nilai-nilai keislaman dan memberikan arahan tentang akhlaq demi terwujudnya generasi bangsa yang berakhlaq terpuji. Permaslahan yang muncul dalam skripsi ini : 1. Bagaimana transliterasi (dengan menggunakan bahasa Indonesia).2. Bagaimana Nilai Keislaman terkandung dalam teks Panoentoen Kamoeljanning Botjah. 3. Bagaimana Implementasi Nilai keislaman yang terkandung dalam teks Panoentoen Kamoeljanning Botjah sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia M A Jurusan Bahasa? Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menyajikan transliterasi PPTKPKBW sehingga dapat dibaca dan dinikmati oleh pembaca sebagai masyarakat modern dan mengungkap nilai keislaman yang terkandung dalam naskah PPTKPKBW. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan filologis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode edisi naskah tunggal dikarenakan hanya ada naskah tunggal dari suatu tradisi. Hal ini sangat mungkin dilakukan karena tidak ada naskah untuk dilakukan perbandingan. Hasil penelitian dan Pembahasan menunjukan bahwa transliterasi dan terjemahan yang dihasilkan dalam kajian ini semakin memudahkan masyarakat untuk membaca teksnya serta memahami makna yang ada di dalamnya. Serta terdapat nilai keislaman yang dapat dijadikan bahan ajar pada pendidikan karakter serta diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada jenjang M A jurusan Bahasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 08:03
Last Modified: 10 May 2016 08:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29427

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo