UMM Institutional Repository

SISTEM REKRUITMEN PEGAWAI TAHUN 2010 (Dikantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jombang)

Sari, Yosita Nella (2012) SISTEM REKRUITMEN PEGAWAI TAHUN 2010 (Dikantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jombang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu aktivitas dalam manajemen sumber daya manusia (SDM) adalah rekrutmen. Rekrutmen adalah proses mencari, menemukan dan menarik para pelamar untuk dipekerjakan dalam dan oleh organisasi. Namun secara sederhana, rekrutmen adalah titik temu antara organisasi dengan lingkungannya. Lingkungan dalam hal ini adalah pasar tenaga kerja. Memang kebutuhan akan pegawai baru tidak harus diperoleh dari lingkungan tapi bisa berasal dari internal organisasi dalam bentuk promosi internal. Namun apabila perusahaan ternyata belum mempunyai pegawai dengan skill yang dibutuhkan tersebut, maka jalan paling mudah adalah melakukan rekruitmen dari lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: Observasi dan wawancara serta dokumentasi. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahanya, data dianalisis dengan cara penyajian data sekaligus dianalisis dan penarikan kesimpulan. Dari hasil data yang diperoleh, proses rekrutmen calon pegawai negeri sipil kabupaten jombang melalui 7 tahap, yaitu 1) inventarisasi lowongan jabatan yang telah ditetapkan dalam formasi serta syarat jabatannya, 2) pengumuman akan dilaksanakannya pengadaan Pegawai Negeri Sipil, 3) Penyiapan materi ujian, 4) penyiapan sarana dan prasarana yang diperlukan, 5) pelamaran, 6) pelaksanaan penyaringan, dan 7) pengangkatan menjadi calon PNS sampai dengan pengangkatan menjadi PNS. Kendala yang dihadapi selama proses rekrutmen calon pegawai negeri sipil kabupaten jombang adalah sebagai berikut: 1) proses pengajuan formasi pegawai lama dan berbelit-belit, 2) analisa kebutuhan pegawai kurang mendalam, sehingga hanya mengisi formasi yang kosong, 3) pembiayaan rekrutmen CPNS yang kadang tidak mendapat persetujuan dari DPRD, 4) materi ujian seleksi CPNS yang masih bersifat umum sehingga kurang bisa mengukur kompetensi, keahlian dan keterampilan peserta sesuai formasi jabatan yang dibutuhkan, 5) kurang koordinasinya panitia daerah dengan panitia propinsi, 6) beratnya pembinaan mental pejabat yang berwenang untuk mencegah dan mempersempit budaya KKN, 7) adakalanya terjadi kelambanan dalam pemprosesan pengangkatan menjadi CPNS/PNS di tingkat pusat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif, artinya penulis mendeskripsikan dan menganalisis dengan analisis data kualitatif tentang Sistem Rekruitmen Pegawai di kantor badan kepegawaian daerah kabupaten Jombang sejak bulan November 2001 hingga Januari 2012. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Dalam penelitian ini, peneliti menemukan hasil sesuai dengan variabel di definisi operasional, bahwa sistem rekruitmen pegawai yang ada di kabupaten Jombang dilaksanakan secara transparan dan sesuai peraturan undang- undang yang mengacu pada perundang- undangan yang dikeluarkan oleh badan kepegawaian negara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 10 May 2016 07:59
Last Modified: 10 May 2016 07:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29424

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo