UMM Institutional Repository

PARTISIPASI MASYARAKAT PEDESAAN TERHADAP PROGRAM PNPM MANDIRI (Lokasi Penelitian Desa Sidey Kecamatan Sidey Kab Manokwari Papua Barat)

MOKTIS, TIMOTIUS (2012) PARTISIPASI MASYARAKAT PEDESAAN TERHADAP PROGRAM PNPM MANDIRI (Lokasi Penelitian Desa Sidey Kecamatan Sidey Kab Manokwari Papua Barat). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-timotiusmo-29231-1-pendahul-n.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-timotiusmo-29231-2-babi.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

PNPM MANDIRI Pedesaan adalah program untuk mempercepat penangulanagan kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutan. Program PNPM Mandiri adalah upaya penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi. Melalui proses pembangunan partisipatif, kesadaran kritis dan kemandirian masyarakat, terutama masyarakat miskin, dapat dapat ditumbuhkembangkan sehingga mereka bukan sebagai obyek melainkan sebagai subyek upaya penanggulangan kemiskinan. PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan.pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk menciptakan/meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya. Pemberdayaan masyarakat memerlukan keterlibatan yang besar dari perangkat pemerintah daerah serta berbagai pihak untuk memberikan kesempatan dan menjamin keberlanjutan berbagai hasil yang dicapai. Rumusan Permasalahan dalam Penelitian ini adalah (1) Bagaimana Partisipasi Masyarakat Desa Terhadap Program PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Sidey Kecamatan Sidey Kabupaten Manokwari? (2). Apa yang Menjadi Faktor Pendukung dan Penghambat Partisipasi Masyarakat Desa Terhadap Program PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Sidey Kecamatan Sidey Kabupaten Manokwari? Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha memberikan gambaran sekaligus menerangkan fenomena-fenomena yang ada sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dari kedaan yang ada dimasyarakat saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaiman mestinya. Teknik pengumpulan data teknik observasi teknik interview (wawancara) teknik dokumentasi. Dari hasil penelitian data yang diperoleh (1) masyarakat sangat menyabut baik program PNPM Mandiri ini, masyarakat sangat aktif dan antusias sekali dalam program PNPM Mandiri ini.terbukti dengan pembentukan panitia pelaksana Kecamatan/Distrik(TPKD) hingga pendamping kampong dan program ini berlandaskan Tim Tiga Tungku (Tokoh Pemerintah, Tokoh Adat, Tokoh Agama). (2)factor pendukunng partisipasi masyarakat dalam program PNPM Mandiri adalah keberadaan organisasi masyarakat, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya partisipasi dalam program pnpm mandiri, kuatnya modal sosial adalah kebersamaan, kekompokan, gotong-royong dan saling membantu. (3) faktor penghambat dalam keberlangsungan program PNPM Mandiri ini adalah ketersediaan agaran yang kurang dalam pelaksanaan program, kerjasama pemerintah desa dan masyarakat dalam program PNPM Mandiri yang belum padu artinya kurangnya komunikasi yang baik, Evaluasi Program PNPM Mandiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 10 May 2016 07:57
Last Modified: 10 May 2016 07:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29421

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo