UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI DENGAN METODE 'PAKH' SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 WONGSOREJO SATU ATAP BANYUWANGI

YURIANA, ERIKA (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI DENGAN METODE 'PAKH' SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 WONGSOREJO SATU ATAP BANYUWANGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-erikayuria-28924-2-babi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-erikayuria-28924-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Drs. Djoko Asihono (2) Drs. Gigit Mujianto, M. Si. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang peneliti temui saat melakukan studi pendahuluan di kelas VII SMP N 4 Wongsorejo Satu Atap Banyuwangi. Dari studi pendahuluan tersebut ditemukan bahwa permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran menulis adalah kesulitan dalam menentukan tema saat memulai mengarang dan kesulitan dalam aspek kebahasan yang meliputi penulisan kalimat, pilihan kata, ejaan dan tanda baca (EYD) serta kesulitan dalam mengembangkan karangan. Selain itu, melalui pengamatan di kelas dan wawancara dengan guru Bahasa Indonesia terungkap bahwa dalam proses pembelajaran di kelas guru lebih mengutamakan hasil dari pada proses. Berdasarkan hal tersebut peneliti memberikan alternatif penyelesaian masalah dengan menggunkan metode 'PAKH' (Pusatkan Pikiran, Atur, Karang Hebat!). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus melalui tahapan-tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tahapan dalam siklus tersebut dituangkan dalam tiap tahapan proses penulisan, yang terdiri dari pramenulis, menulis, dan pascamenulis. Dalam penerapan pelaksanaan tindakan diterapkan tahapan-tahapan metode 'PAKH' yang terdiri dari memusatkan pikiran, membuat kerangka karangan berupa mind mapping (peta pikiran), mengatur karangan, mengarang dan melakukan penyuntingan. Berdasarkan hasil tindakan sebelumnya, siklus I dan siklus II maka terdapat perbedaan dan peningkatan setelah dalam proses pembelajaran menggunakan metode 'PAKH'. Pembelajaran menggunakan metode 'PAKH' bisa meningkatkan hasil belajar siswa, ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah persentase ketuntasan klasikal dari sebelum tindakan (38.09 %), siklus I (57.14%) dan siklus II (85.71%). sehingga disimpulkan bahwa metode 'PAKH' dapat meningkatkan keterampilan siswa terutama dalam keterampilan menulis narasi. Sedangkan nilai rata-rata hasil observasi guru dan siswa pada siklus I memperoleh kriteria cukup dan siklus II dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat diketahui bahwa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan metode 'PAKH' terjadi peningkatan baik dari segi hasil maupun proses pembelajaran menulis narasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 07:56
Last Modified: 21 Mar 2018 02:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29420

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo