UMM Institutional Repository

KESANTUNAN LINGUISTIK BAHASA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA PERSATUAN I PANDAAN

SUKMAWATI, LISA (2012) KESANTUNAN LINGUISTIK BAHASA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA PERSATUAN I PANDAAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lisasukmaw-28755-2-babi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lisasukmaw-28755-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan kesantunan linguistik guru dalam pembelajaran di kelas merupakan realitas komunikasi bahasa. Kesantunan linguistik berperan penting dalam suatu proses pembelajaran khususnya di TK. Pola pikir anak pada usia empat sampai lima tahun bagus untuk ditanamkan kesantunan linguistik. Karena dengan menerapkan kesantunan linguistik pada guru TK akan melahirkan moral yang baik, serta karakter yang bagus. Dengan memanfaatkan teori kesantunan linguistik, peneliti memotret aktivitas berbahasa di dalam kelas melalui tiga fokus utama untuk dijadikan rumusan masalah, yakni (1) wujud panjang pendek penentu kesantunan linguistik, (2) wujud urutan tuturan penentu kesantunan linguistik, (3) wujud ungkapan-ungkapan penentu kesantunan linguistik. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian yang ditetapkan adalah dua guru yang bernama Bu Susi dan Bu Ijah mengajar siswa kelas B TK Dharma Wanita Persatuan I Pandaan, kurang lebih selama satu bulan. Sumber data berupa dari tuturan guru kelas tersebut. Teknik pengumpulan data terbagi atas 3 tahap yaitu observasi, perekaman, dan wawancara. Hasil analisis data, ditemukan wujud panjang pendek tuturan, urutan tuturan, ungkapan tuturan kesantunan linguistik bahasa guru sebagai berikut (1) wujud panjang pendek kesantunan linguistik, dengan memperhatikan jumlah kata yang lebih banyak dan sedikit. (2) wujud urutan tuturan kesantunan linguistik, dengan menggunakan beberapa unsur kalimat dan tuturan yang digunakan oleh guru, (3) wujud ungkapan-ungkapan kesantunan linguistik, dengan menggunakan beberapa macam tuturan yakni; tuturan imperatif (ajakan, suruhan, biasa, permberian izin, permintaan ), tuturan deklaratif, dan tuturan interogatif, dengan menggunakan kode bahasa (bahasa Jawa, bahasa Indonesia serta bahasa Inggris). Hasil penelitian, peneliti menemukan temuan lain pada penanda di ungkapan-ungkapan kesantunan linguistik. Terdapat kalimat imperatif yang bermodus deklaratif, serta kalimat deklaratif bermodus interogatif. Dikemukakan sebuah simpulan bahwa penggunaan kesantunan linguistik bahasa guru dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan I Pandaan, cenderung lebih menggunakan kalimat kesantunan linguistik. Dengan demikian, guru kelas B Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan I Pandaan dalam berkomunkiasi telah menciptakan lingkungan yang menunjang terjadinya perubahan perilaku bagi peserta didik dan menciptakan proses belajar yang tenang dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 07:50
Last Modified: 10 May 2016 07:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29414

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo