UMM Institutional Repository

ANALISIS LIRIK LAGU DEWA 19 PADA ALBUM "LASKAR CINTA" DAN ALTERNATIF PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA

OKTARINGGA, BUDI PRIMA (2012) ANALISIS LIRIK LAGU DEWA 19 PADA ALBUM "LASKAR CINTA" DAN ALTERNATIF PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-budiprimao-28740-2-babi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-budiprimao-28740-1-pendahul-n.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil telaah deskriptif analisis tentang lirik lagu Dewa 19 pada album Laskar Cinta sebagai bahan ajar apresiasi sastra di SMA khususnya kelas X semester ganjil. Adapun permasalahan yang ingin diteliti adalah (1) Bagaimana unsur kebahasaan yang dipilih Dewa 19 dalam 12 lirik lagu pada album yang bertajuk "Laskar Cinta"? (2) Bagaimana pengungkapan isi dalam 12 lirik lagu yang dipilih Dewa 19 pada album yang bertajuk "Laskar Cinta"? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur yang ada dan gambaran objektif tentang unsur kebahasaan dan pengungkapan isi pada lirik lagu Dewa 19 dalam album "Laskar Cinta" dan (2) mendeskripsikan tentang pemakaian unsur kebahasaan dan pengungkapan isi pada lirik lagu Dewa 19 dalam album "LaskarCinta". Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena dalam menyajikan data-data deskriptif memanfaatkan cara penafsiran berupa kata-kata tertulis atau lisan dari objek yang diamati atau diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena dalam memecahkan permasalahan yang ada yaitu dengan mengumpulkan, mengklasifikasikan, dan menganalisis atau mengolah data, serta membuat kesimpulan. Adapun tujuan dari deskriptif adalah untuk membuat suatu penggambaran tentang lirik-lirik lagu Dewa 19 pada album "Laskar Cinta" secara obyektif. Penelitian ini dilakukan untuk memaparkan hasil deskripsi tentang unsur kebahasaan dan pengungkapan isi yang ada pada lirik-lirik lagu Dewa 19 di album "Laskar Cinta". Sehingga, apa yang digambarkan oleh Dewa 19 pada lirik-lirik tersebut dapat dicerna, ditafsirkan, diperkongkret, dan dinikmati oleh para penikmat musik. Isi dari lirik-lirik tersebut juga dapat menjadi refleksi, motivasi, dan deskriptif yang menarik pada kehidupan Nyata. Selain itu, analisis lirik-lirik lagu Dewa 19 pada album "Laskar Cinta" dapat menjadi pengembangan bahan ajar di SMA kelas X semester I, khususnya peningkatan apresiasi puisi. jadi, dengan lirik-lirik lagu Dewa 19 pada album "Laskar Cinta" akan menjadi inovasi dan bahan ajar puisi kontemporer di SMA. Dengan ini, guru dapat meningkatkan kreatifitas, imajinasi, dan motivasi siswa dalam membuat atau mengapresiasi puisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 07:48
Last Modified: 19 Mar 2018 04:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29413

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo